Beranda Pemerintahan Pasca Libur Lebaran, Ratusan Warga Antri Urus Dokumen

Pasca Libur Lebaran, Ratusan Warga Antri Urus Dokumen

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Pasca libur lebaran, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Tulungagung dipadati ratusan warga yang bermaksud mengurus dokumen kependudukan.

Dokumen kependudukan yang diurus warga terutama KTP elektronik (E-KTP). Pada hari pertama kerja Senin (3/7/2017), kantor Dispendukcapil hanya membuka pelayanan hingga pukul 09.00 WIB saja, sehingga mengakibatkan membludaknya antrian pada hari ini Selasa (4/7/2017).

Membludaknya warga yang mengurus dokumen kependudukan ini, selain akibat libur lebaran juga akibat terganggunya server nasional E-KTP. Server mengalami penurunan kecepatan, yang mengakibatkan pelayanan proses pengurusan E-KTP tertunda dan harus menunggu kecepatan server kembali normal. Untuk mengantisipasi agar antrian tidak semakin panjang, warga yang datang diatas jam 09.00 WIB diminta datang kembali keesokan harinya.

Menurut Kepala Dispendukcapil Tulungagung Justi Taufik, meski pengurusan E-KTP mengalami kendala, namun untuk pengurusan Kartu keluarga (KK), Akta kelahiran maupun dokumen kependudukan lainnya lancar dan tetap terlayani.

“Tidak ada masalah untuk pengurusan dokumen kependudukan yang lain seperti KK, akta kelahiran masih normal dan dilayani. Hanya untuk pengurusan E-KTP mengalami kendala, karena server nasional sedang down,” ungkap Justi.

Sementara itu, sejumlah warga yang mengantri pengurusan E-KTP sejak pagi hingga siang hari memilih untuk kembali keesokan harinya. Jonianto, salah satu warga mengaku antri sejak pagi sampai siang hari masih belum dilayani, dan harus bersabar menunggu antrian. Beberapa warga memilih pulang karena banyaknya antrian.(*)

Reporter: Wawan Setyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here