Beranda Peristiwa Petani 87 Tahun Berangkat Haji, Apa Impiannya?

Petani 87 Tahun Berangkat Haji, Apa Impiannya?

BERBAGI

AGTVnews.com – Penantian Suparinah selama 7 tahun untuk bisa berangkat beribadah haji akhirnya terlaksana. Nenek 87 tahun warga Dusun Semanding Desa Bangle Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar ini berangkat bersama kloter 11 ke Asrama haji Sukolilo Surabaya, Minggu dinihari (30/7/2017).

Dari total 917 calon jamaah haji asal Blitar, nenek Suparinah yang kesehariannya sebagai petani ini tercatat sebagai peserta calon jamaah haji tertua. Meski demikian, Suparinah terlihat masih gesit bergerak dan tidak perlu alat bantuan apapun.

“Nama saya Suparinah, usia 87 tahun, pekerjaan setiap hari sebagai petani,” ujar Suparinah mengawali perbincangan dengan reporter AGTV. Menurut Suparinah, niat untuk berhaji sebenarnya sudah ada sejak lama namun baru bisa mendaftar pada tahun 2010 silam.

“Selama tujuh tahun ini saya mengumpulkan uang dari hasil panen. Setiap ada untung terus disetorkan untuk tabungan haji. Alhamdulillah akhirnya bisa lunas tahun ini,” ujar Suparinah bahagia.

Baca Juga:  Pemkab Tulungagung akan Tanggung Biaya Transportasi Jamaah Haji

Suparinah menyadari, beribadah haji pada usianya yang telah senja memiliki resiko tinggi. Namun Suparinah bertekad untuk bisa menyelesaikan semua rukun haji dengan utuh dan bisa kembali ke kampung halaman dengan menyandang haji mabrur.

Sementara itu menurut Bupati Blitar Rijanto, total keseluruhan calon jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini adalah 917, terbagi menjadi 3 kloter.

“Dari total 917 calon jamaah haji terbagi menjadi 3 kloter yakni 11, 12, dan 13. Saat ini kita berangkatkan kloter 11 sebanyak 445 calon jamaah haji,” terang Rijanto di halaman masjid Miftahul Jannah Wlingi Blitar.

Rijanto berharap semua calon jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini berangkat dengan utuh, mampu menunaikan rukun haji dengan lancar dan kembali dengan utuh pula.(*)

Reporter: Didik Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here