Beranda Wisata Hiburan Puluhan Mobil Hias Ramaikan Pekan Budaya Kabupaten Kediri

Puluhan Mobil Hias Ramaikan Pekan Budaya Kabupaten Kediri

BERBAGI

AGTVNEWS.com- Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Pekan Budaya Nasional Tahun 2017 di kawasan Simpang Lima Gumul Kediri pada Minggu (16/07/2017). Selain untuk mengenalkan potensi pariwisata Kabupaten Kediri, juga sebagai sarana mengenalkan Panji dengan berbagai versi dan Budaya.

Mengangkat tema Panji Balik Kampung, menjadi dasar pemerintah untuk mengajukan cerita Panji ini ke UNESCO sebagai warisan budaya yang berasal dari Indonesia. Parade mobil hias ini berjalan sepanjang 10 kilometer dimulai dari Simpang Lima Gumul dan berakhir di Kantor Bupati Kediri.

Festival Panji ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Bupati dan Walikota se-Jawa Timur, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi. Diawali tarian Kolosal yang menceritakan kisah Panji, sebagai sarana untuk mengenalkan kepada masyarakat kisah Panji memiliki beragam versi.

Tidak hanya melibatkan penari lokal, namun tarian kolosal ini juga melibatkan sejumlah pelajar asing yang tengah belajar seni budaya Indonesia. Kolaborasi seni berbasis sastra panji ini melibatkan ratusan penari dari SMP hingga perguruan Tinggi.

Baca Juga:  Pameran 20 Lukisan Seniman Jawa Timur

Diharapkan dengan festival Panji ini, cerita Panji yang populer di masa kerajaan Majapahit mampu populer kembali sebagai bentuk kearifan lokal.

Dalam sambutannya Mendikbud Muhajir Effendi mengharapkan, kekayaan sejarah ini bisa diterapkan dalam pendidikan di wilayah masing-masing dalam kegiatan pembelajaran Ekstra Kulikuler.

Diikuti lebih dari 30 mobil hias dari seluruh instansi pemerintah, sekolah maupun swasta, acara ini mampu menyedot antusiasme warga. Tidak hanya dari Kediri saja, namun juga dari Kabupaten dan Kota sekitarnya.

Kegiatan Pekan Budaya Kabupaten Kediri digelar tanggal 16-22 Juli 2017 dengan menyuguhkan beragam kegiatan.(*)

Advetorial Dinas Infokom Kabupaten Kediri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here