Beranda Peristiwa Ratusan Lembar KIS Dibuang di Sungai Blitar

Ratusan Lembar KIS Dibuang di Sungai Blitar

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Sedikitnya 143 lembar Kartu Indonesia Sehat (KIS) ditemukan warga dibuang di sungai Desa/Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Seluruh lembar KIS beralamat di kota Surabaya Jawa Timur, diantaranya Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo.

Kasih Indrawati (34 tahun), penemu KIS menceritakan, saat itu diberi tahu anaknya yang sedang bermain di sungai kecil samping rumah. “Itu kejadiannya hari sabtu. Anak saya menunjukkan kantong plastik berisi seperti KTP. Karena penasaran saya ambil lalu saya buka ternyata isinya kartu KIS,” ungkap Kasih Indrawati kepada wartawan yang menemui di rumahnya, Minggu (23/7/2017).

Usai menemukan kartu tersebut, Kasih Indrawati lantas mengunggah temuannya ke grup pertemanan di media sosial. Diluar dugaan, postingannya ternyata menjadi virus virtual (viral) dan dibagikan banyak pihak.

Temuan tersebut akhirnya mendapat perhatian dari Kepolisian Resort Blitar. Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya mengakui telah mengamankan ratusan lembar KIS temuan warga tersebut. “Sudah kita amankan kartunya. Kita masih dalami dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan yang biasa mengeluarkan karti tersebut untuk mengecek keasliannya,” ungkapnya, Minggu (23/7).

Baca Juga:  Warga Blitar Kembali Temukan 4 lembar KIS di Sungai

Hasil temuan tersebut, tambah Kapolres Blitar, lantas ditindak lanjuti dengan penyisiran di lokasi. Tujuannya untuk mengetahui apakah masih ada barang sejenis yang ikut aliran sungai,” jelas AKPB Slamet Waluya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, penyisiran oleh petugas dari Polsek Gandusari di sepanjang aliran sungai Dusun Rejosari Desa Gandusari ditemukan tambahan 26 lembar KIS dan 7 amplop bekas yang diduga sebagai bungkus kartu tersebut.

Saat ini barang bukti kartu KIS ini masih diamankan di Mapolsek Gandusari dan rencana akan ada tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim untuk mengetahui keaslian kartu dan upaya lebih lanjut.

Seperti diketahui KIS adalah kartu identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pemegang KIS ini dapat menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan gratis yang disediakan BPJS Kesehatan.(*)

Reporter: Tim Liputan AGTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here