Beranda Tak Berkategori Rusunawa Sudah Rampung Namun Warga Belum Direlokasi

Rusunawa Sudah Rampung Namun Warga Belum Direlokasi

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di kawasan Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek sudah rampung pengerjaannya. Namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek masih belum memfungsikan rusunawa ini.

Pemkab dituntut untuk bertindak cepat, agar proses relokasi ini berjalan sesuai dengan yang ditargetkan. Terkait dengan relokasi warga, ada beberapa isu yang berhembus. Sejumlah oknum mengaku, bisa mensertifikasi tanah kumuh yang ada di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo yang selama ini ditempati warga.

Menanggapi isu yang muncul, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak menyatakan, tanah yang ditempati warga merupakan tanah milik negara. “Tanah tersebut adalah tanah Perhutani yang dilepas pada 2016 lalu, dan diberikan kepada pemerintah. Pemerintah mengajukan pemanfaatan lahan tersebut sejak tahun 80an,” ungkap Emil.

Baca Juga:  Percantik Kampung, Ribuan Pramuka Warnai Rumah Warga

Bupati menambahkan, Relokasi warga bukan merupakan perkara mudah, warga yang berada di tanah tersebut jumlahnya mencapai lebih dari 100 kepala keluarga. Sementara kapasitas di rusunawa hanya sebanyak 50 unit.

Rusunawa Prigi ini dibangun Pemerintah Pusat pada tahun 2016 lalu dengan anggaran mencapai Rp 20 miliar lebih. Terdiri dari empat lantai dengan lima puluh ruang untuk hunian. Rencananya di lantai satu diprioritaskan bagi penyandang disabilitas, kantor serta fasilitas umum rusunawa.

Meski hanya tersedia 50 unit hunian, namun pemerintah daerah tetap melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada warga. Relokasi ini sebagai upaya untuk menata ulang kawsan pesisir selatan Watulimo, sebagai Pusat Kota Maritim di Trenggalek.(*)

Repoter: Firdaus Cahyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here