Beranda Hukum Kriminal Tersangka Korupsi Pembangunan Gedung KPU Nganjuk Ditahan

Tersangka Korupsi Pembangunan Gedung KPU Nganjuk Ditahan

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Tersangka korupsi pembangunan gedung KPU Nganjuk langsung dijebloskan ke tahanan oleh Kejaksaan Negeri Nganjuk usai pelimpahan berkas oleh Unit Pidana Korupsi Polres Nganjuk.

Dari 4 tersangka yang dilimpahkan, hanya 3 tersangka yang dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Kelas 2B Nganjuk, Kamis (20/7/2017) sekitar pukul 14.30 WIB.

“Hanya tiga tersangka yang kami tahan, yakni Komisaris PT TSK Mojokerto Siti Khotijah, Direktur PT TSK Nurhadi dan Staf Teknis PT TSK Sudjoko. Untuk tersangka Suhariono tetap ditahan polisi karena kasus narkoba kemarin,” kata Azis Widarto Kepala Kejari Nganjuk kepada wartawan.

Selain melakukan penahanan untuk segera disidangkan, lanjut Asis, pihaknya juga berusaha akan mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 532 juta yang diduga dikorupsi oleh tersangka. “Sesuai audit BPKP, kerugian negara yang ditimbulkan sebesar itu,” imbuhnya.

Kuasa Hukum Yakin Menang

Totok Budi Hartono, kuasa hukum para tersangka menyatakan segera menyusun strategi agar menang di pengadilan nanti. Menurut Totok, sesuai putusan Mahkamah Agung RI, untuk audit korupsi bukan ranahnya BPKP, namun ranah BPK. Akan tetapi penyidik menggunakan audit dari BPKP untuk menentukan kerugian negara.

“Bukan kerugian negara, tapi hanya denda keterlambatan sebesar Rp 31 juta dan itu sudah dibayar oleh klien kami,” tandasnya.

Aturan dari MA ini, kata Totok, akan digunakan nanti dalam pembelaannya di pengadilan. Pihaknya yakin, dugaan korupsi itu nantinya akan terbantahkan. “Kita upayakan untuk diputus bebas dalam pengadilan nanti, karena klien kami memang tidak bersalah,” pungkasnya.(*)

Harga Kubah Enamel

Reporter: Bagus Jatikusumo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here