Beranda Pemerintahan Biaya Kesehatan Jamaah Calon Haji Tidak Ditanggung PPIH

Biaya Kesehatan Jamaah Calon Haji Tidak Ditanggung PPIH

BERBAGI

AGTVnews.com – Mulai musim haji 2017 ini, semua jamaah calon haji tidak lagi mendapat pembiayaan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) saat menjalani perawatan di rumah sakit.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 26 Tahun 2016 yakni, semua jamaah calon haji tidak lagi dibiayai selama menjalani perawatan di rumah sakit di Indonesia. Untuk itu, semua calon jamaah haji pada tahun ini diwajibkan memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Meski demikian, pada pelaksanaan musim haji tahun ini, tidak semua jamaah calon haji memiliki kartu JKN yang dikeluarkan BPJS. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 1 Surabaya, Muhammad Budi Hidayat, menghimbau petugas haji di daerah untuk menyampaikan kepada jamaah calon haji, agar memiliki asuransi kesehatan JKN sebelum berangkat haji.

Baca Juga:  Keluarga JCH terlibat Adu Mulut Dengan Petugas PPIH

“Ya, pada tahun ini, semua jamaah calon haji harus memiliki asuransi kesehatan. Bagi JCH yang dirujuk ke rumah sakit saat berada di Indonesia, tidak lagi dibiayai PPIH, melainkan dari BPJS yang dimiliki CJH,” ujar Muhammad Budi.

Hampir semua JCH bukan peserta JKN yang dibiayai pemerintah. Sebab mereka masuk dalam kategori mampu. Dengan aturan baru ini, maka JCH harus mendaftar secara mandiri ke JKN sehingga mengantongi fasilitas kesehatan BPJS.

Dengan adanya peraturan yang baru ini, diharapkan para jamaah yang akan berangkat ke tanah suci segera memiliki kartu JKN BPJS. Hal ini untuk mengantisipasi bila JCH sakit dan terpaksa harus dirawat ke rumah sakit.(*)

Reporter: Nurul Abidin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here