Beranda Wisata Hiburan Candi Gempur Adan- Adan Gurah Kembali Terkubur

Candi Gempur Adan- Adan Gurah Kembali Terkubur

BERBAGI

AGTVnews.com – Candi Gempur di Desa Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur, kondisinya terbengkalai. Sejumlah arca nyaris kembali tertutup tanah, sementara bangunan candi terserak dan tidak berbentuk.

Candi ini ditemukan di kebun durian milik Syamsudin warga desa setempat. Bangunan candi yang hanya sepotong-sepotong ini hanya dibatasi pagar berduri. Warga hanya bisa berharap, dinas terkait segera melakukan penggalian, sehingga bentuk candi ini bisa dilihat utuh, dan mendatangkan wisatawan.

Menurut salah satu warga, Sugiarti, bila candi ini wujudnya terlihat dan tertata rapi, maka bisa mendatangkan wisatawan. Dengan adanya wisatawan ini,  diharapkan bisa mengangkat perekonomian warga desa.

” Seandainya wujud candi sudah ada dan tertata rapi, maka akan menarik perhatian banyak masyarakat dan wisatawan. Dengan begitu berarti masyarakat sekitar sini sudah pasti ekonominya bisa terbantu. Suatu misal, saya yang buka warung bisa banyak yang beli dan juga bisa buka lahan parkir. Saya berharap Candi Gempur ini bisa menjadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Kediri,” ujar Sugiarti.

Menunggu Rekomendasi Arkeolog

Sementara itu, menurut tim khusus Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Nugroho, pihaknya hingga kini masih menunggu rekomendasi dari tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) untuk melakukan ekskavasi kelanjutan.

“Kami masih menunggu rekomendasi dari Puslit Arkenas untuk menindak lanjuti proses ekskavasinya Candi Gempur Adan-Adan Gurah. Karena informasi yang saya terima hingga saat ini proses penelitian dari Puslit Arkenas belum selesai,” ujar Nugroho melalui sambungan seluler.

Nugroho menambahkan, dari data yang didapat, di lokasi Candi Gempur terdapat sepasang Arca Makara, komponen batu Andesit yang memiliki ragam hias, batu bata kuno dan beberapa jenis pahatan Arca lainnya. Meski demikian belum bisa dipastikan apakah Candi Gempur Adan-Adan ini merupakan peninggalan era Mataram Hindu atau Kadiri.(*)

Reporter : Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here