Beranda Peristiwa Cuaca Buruk, Nelayan Teluk Popoh Enggan Melaut

Cuaca Buruk, Nelayan Teluk Popoh Enggan Melaut

BERBAGI

AGTVnews.com – Cuaca buruk yang melanda perairan selatan Pulau Jawa beberapa hari terakhir, menjadikan ratusan nelayan yang ada di Teluk Popoh Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung tidak berani melaut. Nelayan memilih menambatkan perahunya di dermaga pangkalan pendaratan ikan.

Hempasan gelombang laut setinggi 2-3 meter di tengah laut dan hembusan angin kencang menjadikan nelayan enggan melaut. Sejumlah nelayan yang nekat melaut, pulang tanpa hasil. Jika mendapat ikan pun, hasilnya merosot tajam dibandingkan cuaca normal.

Karena tidak ada pilihan lain, untuk memenuhi kebutuhan sehar-hari nelayan nekat melaut, namun hanya di sekitar teluk Popoh. Tangkapan ikan yang didapat nelayan merosot tajam, hanya berkisar 5 kilogram. Pada cuaca normal, mereka mampu mendapatkan ikan hingga 100 kilogram.

Hunen, salah satu nelayan teluk POpoh mengatakan, cuaca buruk ini akibat musim angin tenggara, yang bertiup sangat kencang disertai gelombang tinggi. Diperkirakan cuaca buruk ini terus terjadi hingga akhir bulan Agustus.

Baca Juga:  Tangkapan Nelayan Jaring Turun Akibat Keramba Benur di Pantai Sidem

“Kalau kondisi buruk seperti ini nelayan tidak ada yang berani melaut. Jaring yang ditebar juga tidak bisa menangkap ikan, malah tersangkut di karang. Jadi tidak ada hasilnya,” ujar Hunen.

Ungkapan senada juga disampaikan nelayan lain, Rayis Budianto, yang tidak mampu berbuat apa-apa saat cuaca buruk melanda. Rayis hanya menambatkan perahunya dan memperbaiki jaring yang rusak.

Karena tidak ada nelayan yang melaut, aktifitas di pangkalan pendaratan ikan juga ikut sepi. Sejumlah pedagang ikan terlihat menunggu nelayan yang nekat melaut, meski hasil tangkapan mereka minim.(*)

Reporter : Wawan Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here