Beranda Pendidikan Diklat Jurnalistik Asah Kemampuan Menulis Siswa

Diklat Jurnalistik Asah Kemampuan Menulis Siswa

BERBAGI

AGTVnews.com- Dunia jurnalistik semakin mendapat tempat dikalangan anak muda dan pelajar. Terbukti banyak diklat jurnalistik yang digelar dan selalu mendapat antusiasme tinggi. Salah satunya diklat jurnalistik yang diadakan Media Berita dan Informasi (Metafo) SMA 1 Kediri yang bekerjasama dengan koran memo, Sabtu (19/08/2017).

Diklat jurnalistik di SMA 1 Kediri ini diadakan setiap semester, dan saat ini sudah terselenggara 6 kali pertemuan. 60 peserta dalam diklat jurnalistik ini mendapat sejumlah pegetahuan bidang jurnalistik seperti, teknik mencari berita, pengumpulan data dan mengolahnya menjadi sebuah karya tulisan. Tidak hanya itu, peserta juga mendapatkan materi cara menyampaikan tulisan serta teknik foto yang baik.

Menurut salah satu peserta Yuni Meira Sara, diklat Jurnalistik ini sangat bermanfaat karena bisa menambah pengetahuan tentang tehnik penulisan yang benar, serta persiapan sebelum melakukan peliputan.

“Perlu bisa tehnik liputan, karena disekolah juga sering ada kegiatan dan event-event. Jadi bisa dirangkum agar semua orang bisa tau kegiatan disekolah,”ujar Yuni.

Yuni menambahkan,”dengan bimbingan dari koran memo ini, kita bisa mengetahui berbagai jenis tulisan. Koran memo juga mengajak untuk membuat artikel yang baik dan menarik,’tambah Yuni.

Sementara itu, pembimbing diklat, Della Cahaya Praditasari dari koran memo mengatakan, antusias peserta yang tanggap dalam diskusi tentang jurnalistik sangat luar biasa, selain itu sekolah-sekolah juga banyak memiliki kegiatan tambahan dalam hal jurnalistik.

“Antusias siswa selalu banyak. Tidak hanya di SMA 1 Kediri saja, namun koran memo jiga bekerjasama dengan komunitas-komunitas seperti disini,”ujar Della.

Della berharap para siswa ini menekuni hobi mereka menulis. Tulisan ini akan diterbitkan melalui majalah sekolah masing-masing, dan bisa menjadi modal awal untuk karir mereka kedepan.

“Selain kita menularkan ilmu kepada pelajar, kita juga akan mendukung proses belajar mereka melalui diklat seperti ini, jadi tidak hanya menjadi sekedar menulis akan tetapi menjadi modal untuk kedepan,”pungkas Della

 

Diklat Metafo ini diikuti siswa dari kelas 10 dan 12 SMA Negeri 1 Kota Kediri, yang merupakan kegiatan dari sub unit Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Diklat Metafo ini rutin digelar tiap periodenya,selain teknik dan teori,peserta juga akan diajak praktek secara langsung tentang proses mengumpulkan berita hingga penayangannya.(*)

Reporter : Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here