Beranda Pemerintahan Dinas Peternakan Kota Kediri Verifikasi Hewan Layak Kurban

Dinas Peternakan Kota Kediri Verifikasi Hewan Layak Kurban

BERBAGI
AGTVnews.com – Menjelang Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan Kota Kediri menggelar sidak hewan ternak di sejumlah penjual hewan kurban di wilayah Kota Kediri. Pada inspeksi ini petugas lebih mengutamakan pemeriksaan kualitas kambing dan sapi yang layak jual. Tidak hanya itu, petugas juga  memberikan verifikasi dengan menempelkan pemberitahuan  hewan yang dijual layak dijadikan hewan kurban.
Sidak pertama dilakukan terhadap penjual kambing yang ada pinggir jalan Kelurahan Bandar Ngalim dan Kelurahan Banjar Mlati Mojoroto Kota Kediri. Dari sidak ini , petugas menemukan satu kambing yang belum tanggal giginya dan satu kambing lainnya terkena sakit mata. Adanya temuan ini petugas meminta penjual untuk menyisihkan hewan yang belum layak kurban tersebut.
Menurut Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan Kota Kediri, Ali Manshur, temuan hewan tidak layak hanya satu ekor kambing belum tanggal, sedang sakit mata bisa sembuh dengan cepat.
“Kita himbau yang belum poel di sisihkan dan kita verifikasi penjual-penjual yang layak dengan menempelkan tulisan di lapaknya. Kategori hewan yang layak dijadikan kurban yakni untuk kambing minimal tanggal gigi pertama atau usia sekitar satu tahun, sedangkan untuk sapi minimal tanggal gigi kedua atau usia 2 tahun. Kalau untuk kambing minimal poel 1 dan sapi poel 2,”ujar Ali.
Ali menambahkan, untuk penjual hewan kurban online, sudah dilakukan pemeriksaan. “Meskipun pemasarannya online, namun transaksinya masih dengan tatap muka bertemu. Jadi pembeli masih bisa mengecek kembali hewannya,” tambah Ali.
Dari data yang diterima Dinas Peternakan Kota Kediri, terdapat dua lokasi penjualan online hewan kurban di Kota Kediri, yakni di lingkungan Bence dan kelurahan Ngronggo.(*)
Reporter: Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here