Beranda Hukum Kriminal Eksekusi Rumah Mewah Diwarnai Aksi Protes

Eksekusi Rumah Mewah Diwarnai Aksi Protes

BERBAGI

AGTVnews.com – Pengadilan Negeri Kabupaten Nganjuk melakukan eksekusi sebuah rumah di Desa Talang Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Ekseskusi ini mendapat pengamanan dari ratusan aparat Kepolisian.

Meski sempat menuai protes dari pihak termohon, tetapi akhirnya eksekusi tetap dilaksanakan. Juru sita Pengadilan Negeri Nganjuk mengeluarkan isi rumah mewah, dengan luas kurang lebih 6.400 meter persegi tersebut.

Rumah tersebut disita dan dilelang, karena dijaminkan kredit ke salah satu bank nasional dengan nilai Rp 3,7 miliar. Namun, pemilik tidak sanggup melunasi hutangnya karena telah meninggal dunia.

Bangunan yang dieksekusi ini berupa rumah induk dua lantai, gudang pembibitan padi serta area penjemuran gabah.

Menurut Kuasa hukum termohon, Ali Wasini, pemilik rumah Putut Heri Purnomo menjaminkan sertifikatnya ke bank BNI Kediri untuk mengajukan pinjaman sebesar Rp 2,8 miliar.

“Dana pinjaman sebesar Rp 2,8 miliar dari bank tersebut digunakan untuk tambahan modal usaha. Tetapi, sejak tahun 2014 pemilik sudah tidak bisa mengangsur karena meninggal dunia. Akhirnya rumah jaminan dilelang pihak bank, dan dimenangkan oleh Handoko Wicaksono,” ujar Ali.

Sementara itu, Akson Nur Huda, pengacara pemohon eksekusi dan juga pemenang lelang Handoko Wicaksono mengatakan, penentuan nama termohon eksekusi yakni Suharti telah melalui proses pertimbangan yang matang, bahkan telah diuji di muka persidangan.

“Penentuan nama termohon eksekusi ini sudah melalui proses pertimbangan matang, bahkan sudah diuji di persidangan. Jadi kalau ada pihak-pihak yang keberatan, silahkan menempuh jalur hukum,” ujarnya.

Meski sempat menuai protes dari pihak termohon, tetapi akhirnya juru sita Pengadilan Negeri Nganjuk tetap melakukan proses eksekusi.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here