Beranda Hukum Kriminal Gelapkan Dana Study Tour, Bos Travel Magetan Diamankan Polisi

Gelapkan Dana Study Tour, Bos Travel Magetan Diamankan Polisi

BERBAGI

AGTVnews.com – Karim Budiman, warga Desa Sugih Waras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan, ditangkap Satreskim Polres Ponorogo. Karim ditangkap karena melakukan penipuan dan penggelapan dana study tour SMP Negeri 1 Ponorogo senilai hampir Rp 400 juta. Pelaku ditangkap di salah satu hotel di wilayah Bali.

Menurut Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto, Karim Budiman merupakan bos travel dari CV Trans Asia Tour. Modus yang dilakukan dengan menawarkan paket wisata ke pihak panitia study tour SMP Negeri 1 Ponorogo dengan tujuan wisata Lombok. Setelah disepakati panitia, uang senilai Rp 362 juta disetorkan ke pelaku dengan cara ditransfer sebanyak 6 kali.

“Namun saat hari H keberangkatan, pelaku justru tidak bisa dihubungi. Akhirnya pihak panitia melapor ke Polres Ponorogo,” ujar AKP Sudarmanto.

Baca Juga:  Uang Raib di Koperasi, Nasabah Menangis di Kantor Polisi

Kasubag menambahkan, petugas sempat kehilangan jejak pelaku, karena melarikan diri ke Malaysia. Selang satu bulan akhirnya pelaku berhasil ditangkap disalah satu hotel di wilayah Denpasar Bali dan langsung dibawa ke Polres Ponorogo.

“Dari pengakuan pelaku, uang yang rencananya untuk study tour di Lombok tidak bisa dilanjutkan, karena nilainya terlalu kecil dan tidak sebanding dengan pengeluaran kebutuhan study tour di Lombok. Tidak mau ganti rugi, pelaku justru membawa kabur semua uang panitia yang sudah ditransfer ke pelaku sekitar Rp 300 juta.

Dari apa yang dilakukan, pelaku dijerat pasal 378 dan pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Saat ini pelaku diamankan di tahanan Mapolres Ponorogo.

Reporter: Dinar Putra Perdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here