Beranda Wisata Hiburan Harapkan Berkah, Warga Di Nganjuk Rebutan Tumpeng Gunungan

Harapkan Berkah, Warga Di Nganjuk Rebutan Tumpeng Gunungan

BERBAGI

AGTVnews.com – Ratusan warga Desa Sukomoro Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, berebut gunungan tumpeng raksasa di desa setempat. Rebutan gunungan ini merupakan tradisi dalam kegiatan ritual bersih desa.

Kegiatan bersih desa ini merupakan kegiatan tahunan, sebagai wujud syukur warga terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hasil panen yang melimpah. Usai didoakan sesepuh desa, dua tumpeng raksasa yang terdiri dari sayur mayur dan buah-buahan ini langsung diserbu warga untuk diperebutkan.

Salah satu warga, Ucik, mengaku meski harus berdesakan dirinya tidak takut. Karena dengan mengambil sayur mayur atau buah-buahan ini,bisa memberikan berkah tersendiri bagi dirinya dan keluarga. Sayur hasil rebutan ini, rencananya akan dimasak.

“Ndak papa mas rebutan, ndak takut kok. Khan cuma setahun sekali . Kalau bisa mendapatkan sayuran atau buah-buahan ini, nanti akan mendapat berkah dari Tuhan,”ujar Ucik.

Sebelum di perebutkan, dua gunungan tumpeng dengan tinggi kurang lebih 2m dan lebar sekitar 1 meter ini, dikirab dari rumah lurah menuju punden desa setempat. Selain dua gunungan tumpeng, dalam kirab ini juga ditampilkan barongsai,baju karnival, seni kuda kepang, serta beberapa pusaka desa.

Wujud Syukur Atas Panen Melimpah

Menurut ketua panitia Waluya, tradisi bersih desa ini merupakan tradisi tahunan yang digelar satu tahun sekali setiap hari Jumat pahing setelah hari raya Idhul Adha. Tradisi ini merupakan wujud rasa syukur warga Kelurahan Sukomoro, atas hasil panen yang melimpah.

“Kegiatan bersih desa ini diadakan satu tahun sekali, sebagai tanda syukur warga desa karena hasil panennya bagus. Semoga tahun depan bisa lebih bagus lagi,”ujar Waluyo.

Warga berharap, tahun mendatang hasil panen mereka lebih baik dari tahun sebelumnya. Usai rebutan, kegiatan bersih desa ini dilanjutkan dengan pagelaran wayang timplong yang berlangsung selama semalam suntuk.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here