Beranda Ekonomi Bisnis Jasa Penukaran Uang di Asrama Haji Selalu Ramai

Jasa Penukaran Uang di Asrama Haji Selalu Ramai

BERBAGI

AGTVnews.com – Dalam pelaksanaan ibadah haji, para Jamaah Calon Haji mendapat biaya hidup dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sebesar 1500 Riyal. Namun ternyata banyak dari para jamah calon haji ini yang memilih menambah uang saku mereka. Kondisi ini menjadi berkah bagi petugas penukaran uang yang ada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Para petugas ini setiap harinya menyiapkan uang hingga 35 ribu Riyal untuk melayani jamaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci. Banyak jamaah calon haji menukar uang dalam bentuk pecahan kecil untuk digunakan sedekah atau berbelanja selama di tanah suci.

Menurut petugas jasa penukaran uang, Ashari, untuk melayani penukaran uang ini petugas setiap hari menyiapkan uang 35 ribu Riyal. Namun kondisi ini berkurang dibanding pelaksanaan haji tahun sebelumnya.

“Pada pelaksanaan haji tahun lalu, sehari 35 ribu riyal itu bisa habis, tapi kalau kondisi saat ini uang penukaran ini masih bersisa. Masih Ramai tahun kemarin dibanding sekarang,” ujar Ashari.

Baca Juga:  Jamaah Haji Batal Berangkat, Wabub Kediri: Segera Ada Solusi

Sementara itu, rata-rata jamaah calon haji menukarkan uang mulai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Mereka memilih menukarkan uang Riyal dalam bentuk pecahan kecil atau receh. Nantinya uang tersebut akan digunakan untuk bersedekah dan berbelanja selama di tanah suci.

menurut Fitri, calon Jamaah haji, menukarkan uang sebesar Rp 1 juta, untuk persiapan selama di tanah suci. “Untuk bersedekah mas, atau ya beli apa-apa untuk kebutuhan hidup disana,” ujar Fitri.

Pernyataan sama juga disampaikan Romli, calon Jamaah haji lainnya, yang menukarkan uang untuk persiapan selama di tanah suci. Meski dirinya nantinya mendapat uang saku.

Adanya tempat jasa penukaran uang di asrama haji ini, memudahkan bagi jamaah calon haji yang tinggal jauh dari kota. Mereka bisa menukarkan uang mereka di asrama ini.(*)

Reporter: Nurul Abidin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here