Beranda Ekonomi Bisnis Jelang Hari Raya Idul Adha Harga Sapi Merangkak Naik

Jelang Hari Raya Idul Adha Harga Sapi Merangkak Naik

BERBAGI

AGTVnews.com – Menjelang perayaan hari raya Idul Adha atau hari raya qurban bagi umat Muslim, harga jual sapi jantan di pasaran mulai mengalami kenaikan. Kenaikan rata-rata per ekor sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Kenaikan harga Sapi korban dilihat dari postur tubuh dan warna bulu serta kesehatan. Hal ini seperti terlihat di Pasar Hewan Dusun Templek Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.

Pasar Hewan yang tergolong sangat besar dan memiliki lahan sangat luas ini menjadi pusat jual beli hewan yang berasal dari berbagai daerah termasuk Malang, Kediri, Jombang dan Nganjuk.

Jenis Sapi yang ditawarkan pun sangat bervariatif termasuk ada sapi jenis Brahman, Limosin dan juga sapi lokal jenis Urap-urap. Sedangkan sapi yang paling diminati pembeli adalah kisaran harga Rp 16 juta hingga Rp 19 juta untuk usia sapi rata-rata 2,5 tahun.

“Sekarang yang paling laku adalah sapi lokal jenis Urap-urap yaitu warna putih. Tapi sayang mendapatkanya sangat sulit. Karena kebanyakan yang ada jenis Limosin warna merah coklat,” ujar Manu (53 tahun) pedagang sapi asal Gempolan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Sabtu (12/8/2017).

Semetara itu menurut Suwoko, petugas Dinas Pendapatan Kabupaten Kediri, setiap hari sapi yang masuk untuk ditawarkan pada pembeli kurang lebih sekitar 400 ekor. Jumlah tersebut naik sekitar 25 persen dari hari biasa. Peningkatan pasokan sapi ini disebabkan karena permintaan juga mulai meningkat.(*)

Reporter: Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here