Beranda Pemerintahan Komunitas Pemuda di Kediri Gelar Konservasi Sungai Brantas

Komunitas Pemuda di Kediri Gelar Konservasi Sungai Brantas

BERBAGI

AGTVnews.com – Ratusan pemuda yang tergabung dalam berbagai komunitas di Kediri menggelar bakti sosial di bantaran Sungai Brantas, Minggu (6/8/2017). Mereka menebar ribuan benih ikan serta melakukan penghijauan di sepanjang aliran sungai.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibah, diawali dengan melepas burung merpati. Dilanjutkan dengan menebar ribuan ekor ikan wader yang menjadi habitat alami Sungai Brantas.

Menurut Ning Lik sapaan akrab Wakil Walikota Kediri, kegiatan ini untuk menyadarkan pentingnya Sungai Brantas bagi warga Kota Kediri. “Sungai sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan. Untuk itu kita harus menjaga dan melestarikannya,” ujarnya.

Ning lik menambahkan, keberadaan pemuda dalam berbagai komunitas ini harus berguna untuk ikut membangun Kota Kediri. “Pemuda harus turut ambil bagian dalam pembangunan Kota Kediri dengan kegiatan yang positif sesuai hobi di komunitasnya,” ujar Ketua Muslimat NU Kota Kediri ini.

Baca Juga:  Paket Hemat Kolektor Wayang Purwo

Yuke Abraham, salah satu peserta mengatakan, kegiatan konservasi Sungai Brantas dipilih oleh para pemuda lantaran sudah sulitnya ditemui ikan asli sungai brantas. “Ini bagus sekali, karena ikan-ikan endemik jarang ditemui seperti wader,” ujarnya.

Yuke juga berharap kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin tahunan. “Mudah-mudahan tahun depan ada lagi, jadi tidak harus nunggu rusak ekosistemnya baru dikonservasi,” pungkasnya.

Ratusan peserta terlihat antusias dalam mengikuti penanaman pohon dan konservasi ikan endemik Sungai Brantas. Para pemuda ini merupakan anggota bebagai komunitas di Kota Kediri, diantaranya pecinta satwa, olah raga airsoftgun, pecinta alam serta komunitas lainnya.(*)

Reporter: Wiji Guntoro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here