Beranda Politik KPUD Tulungagung Terima Hibah 37,6 Miliar untuk Pilbub 2018

KPUD Tulungagung Terima Hibah 37,6 Miliar untuk Pilbub 2018

BERBAGI

AGTVnews.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menyetujui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk penyelenggaraan Pilkada 2018 sebesar Rp 37,6 miliar.

Dana ini dihibahkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tulungagung, untuk penyelenggaraan gelaran Pilkada 2018 nanti. Adanya kejelasan anggaran dana yang diterima ini, maka tahapan awal pilkada bisa diselenggarakan bulan Agustus ini.

Gelaran Pemilihan Bupati Tulungagung masuk dalam pilkada serentak karena pelaksanaannya bersamaan dengan Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Untuk itu, anggaran sebesar Rp 37,6 miliar akan dialokasikan untuk honor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebesar Rp 20,5 miliar dan sisanya untuk alokasi barang dan jasa.

Menurut Ketua KPUD Tulungagung, Suprihno, dengan adanya kepastian anggaran pilkada tersebut, KPUD akhirnya bisa melaksanakan tahapan pilkada sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

“Dengan adanya hibah dana Pilkada ini, KPUD Tulunggaung bisa melaksanakan tahapan pilkada sesuai jadwalnya. Agustus ini merupakan tahapan sosialisasi terkait pilkada,” ujar Suprihno.

Tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan, pada September rekrutmen Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk November penerimaan berkas pencalonan dari jalur perseorangan.

Sementara pada bulan Januari 2018 mendatang, KPUD akan menggelar pengumuman pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati jalur partai politik, dan pada Februari 2018, akan diumumkan penetapan calon bupati dan wakil bupati.(*)

Reporter: Wawan Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here