Beranda Pemerintahan Lingkungan Tercemar, Ratusan Warga Desa Demo PG Lestari Nganjuk

Lingkungan Tercemar, Ratusan Warga Desa Demo PG Lestari Nganjuk

BERBAGI

AGTVnews.com – Ratusan warga dari empat desa yakni Rowomaro, Pakuncen, Ngrombot dan Patianrowo, Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, melakukan aksi demo di depan Pabrik Gula (PG) Lestari yang ada di daerah setempat. Warga menuntut lingkungan mereka terbebas dari pencemaran ┬álimbah pabrik, yang dianggap mengganggu aktivitas warga dan dikhawatirkan menimbulkan penyakit. Ratusan warga ini membawa berbagai poster tuntutan yang berisi kekecewaan warga.

Menurut salah satu perwakilan warga, Wisnu Widyatno, Warga menganggap asap dari aktivitas pabrik membuat mata warga perih, dan sesak nafas. Selain itu aliran limbah pabrik ke saluran air warga, menjadikan ternak lele warga mati. Tidak hanya itu, air limbah ini juga berdampak terhadap tanaman warga. Jika tuntutan ini tidak ditanggapi, warga mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar lagi.

“PG Lestari ini, asapnya menimbulkan polusi, dan menjadikan warga matanya perih juga sesak nafas. Tidak hanya itu, air limbahnya juga mencemari perairan warga. Banyak lele ternak warga mati. Kami meminta pihak pabrik bertanggung jawab,”ucap Wisnu.

Menanggapi tuntutan warga, General Manager PG Lestari, Iskandar, mengatakan pihaknya akan segera mengupayakan pembenahan, agar asap pabrik bisa tersaring sebelum keluar dari cerobong.

“Kita akan membenahi cerobong asapnya, agar idak menimbulkan polusi. Selain itu kita juga akan membersihkan bekas limbah dengan spray air, agar tidak mengganggu warga. Bagi warga yang terdampak, pihak pabrik akan memberikan kompensasi paket sembako,” jelas Iskandar.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here