Beranda Wisata Hiburan Livi Zheng Angkat Kisah Kresnayana ke Kancah Internasional

Livi Zheng Angkat Kisah Kresnayana ke Kancah Internasional

BERBAGI

AGTVnews.com – Candi Penataran di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, menyimpan banyak cerita sejarah yang tertuang dalam pahatan relief. Salah satu cerita adalah tentang Kresnayana.

Relief Kresnayana bisa ditemui pada dinding Candi Induk Penataran tingkat II. Kisah ini adalah hasil karya Empu Triguna yang hidup pada masa pemerintahan Raja Warsajaya dari kerajaan Kediri.

Kresnayana berarti “Perjalanan Kresna”, pada relief tersebut menceritakan tentang kisah percintaan antara Kresna dan Dewi Rukmini.

Kisah tersebut diangkat dalam drama tari kolosal di Candi Penataran pada Rabu malam(2/8/2017). Hujan sempat membuat jadwal pagelaran molor sehingga baru dimulai sekitar pukul 21:00 WIB.

Sebelum pagelaran drama dimulai, Pemerintah Kabupaten Blitar memberikan Anugerah Sertifikat Diaspora pada Livi Zheng, yang telah bersedia mengangkat pagelaran tersebut dalam film dokumenter ke kancah internasional. Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Blitar, Rijanto.

Film dokumenter Kresnayana yang akan diusung Livi Zheng ke kancah international tersebut akan menjadi bagian dari rangkaian menyambut hari jadi Blitar ke 369. Sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Blitar, Luhur Sejati, epos Kresnayana ini merupakan satu-satunya di seluruh nusantara. Relief yang menceritakan Kresnayana hanya ada di Candi Penataran Blitar.

“Dewi Rukmini itu salah satu epos Kresnayana yang ada di Candi Penataran. Merupakan simbolistik seorang perempuan yang dalam kisah percintaanya dia tidak mau dipaksa menikah dengan yang tidak dicintainya. Artinya ini sebuah pembelajaran dalam kesetiaan nurani,” terang Luhur Sejati kepada reporter AGTV, di sela-sela pagelaran.

Baca Juga:  Ratusan Warga Berebut Ikan di Sumber Gundi

Cerita Kresnayana

Dewi Rukmini adalah seorang cantik jelita putri Raja Bismaka dari Kerajaan Kundina, yang telah dijodohkan dengan Raja Suniti dari Kerajaan Cedi. Namun perjodohan tersebut tidak sesuai dengan keinginan hati Rukmini karena ia sudah terlanjur menjalin hubungan percintaan dengan Kresna, seorang pemuda yang gagah, cerdas, dan sakti.

Menjelang pesta pernikahan antara Dewi Rukmini dan Raja Suniti, Kresna nekad menculik dewi Rukmini sang pujaan hati untuk dibawa ke negerinya. Tentu saja Raja Bismaka dan Raja Suniti marah besar mengetahui hal tersebut. Mereka segera mengerahkan pasukan dalam jumlah besar untuk mengejar Kresna yang dipimpin oleh Rukma saudara laki-laki Rukmini.

Kresna terlalu tangguh dan pintar untuk dihentikan oleh pasukan yang mengejarnya itu. Oleh karena kesaktiannya, Kresna berhasil menghancurkan seluruh pasukan dan menyisakan Rukma saja. Rukmini memohon untuk tidak membunuh Rukma karena ia hanya mempunyai satu kakak laki-laki saja.

Hingga pada akhirnya Kresna mempersunting Rukmini dan hidup bahagia di Negeri Dwarawati, sebagai pasangan raja dan permaisuri.(*)

Reporter: Didik Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here