Beranda Ekonomi Bisnis Lomba Jamu Gendong, Jaga Standart dan Kualitas Jamu Tradisional

Lomba Jamu Gendong, Jaga Standart dan Kualitas Jamu Tradisional

BERBAGI
AGTVnews.com – Mempopulerkan jamu tradisional Jawa, sekaligus memeriahkan peringatan HUT RI, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Jawa Timur menggelar lomba jamu gendong. Sekitar 56 penjual jamu ikut ambil bagian dalam lomba kali ini. Tidak hanya citarasa jamu dan khasiatnya yang menjadi penilaian, namun juga kepiawaian peserta menawarkan jamu menjadi penilaian juri.
Peserta lomba, harus bisa mempresentasikan jamu yang mereka buat, diantaranya komposisi jamu, khasiat jamu, cita rasa jamu serta penyajian jamu kepada konsumen. Meski para peserta ini sudah berumur, namun mereka sigap dan mampu menjawab seluruh pertanyaan juri.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, Muhammad Mastur, lomba jamu gendong ini  sebagai upaya untuk lebih meningkatkan penggunaan obat-obatan tradisional  di masyarakat. Selain itu, diharapkan  jamu tradisional yang ada tidak membahayakan konsumen.
“Dengan adanya lomba jamu gendong ini, agar jamu-jamu tradisional yang sudah mengakar di Tulungagung ini bisa memberi manfaat bagi konsumen. Selain itu dengan menjadi binaan dari Dinas Kesehatan ini, olahan jamu tradisional ini bisa terstandartkan mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan, penyimpanan hingga penyajian,” ujar M. Mastur.
Sementara iu menurut salah satu peserta lomba jamu gendong, Rahayu, dirinya berjualan jamu gendong sudah sekitar 20 tahun. Dirinya berharap dengan lomba ini jamu tradisional bisa lebih dikenal masyarakat.
“Saya mbawa jamu beras kencur sama cabe lempuyang mas. Senang sekali dengan adanya lomba ini, selama 20 tahun jualan jamu, sekarang bisa tahu cara yang benar tentang pengolahan, penyimpanan maupun penyajian. Jadi ada standartnya gitu lho mas,”kata Rahayu.
Tidak hanya piawai berlenggak-lenggok, namun para peserta lomba jamu gendong ini juga wajib menawarkan jamu dagangan mereka dalam lantunan tembang bahasa Jawa. Alhasil beragam gaya ditampilkan para peserta, dan kebanyakan mengundang gelak tawa juri maupun peserta lain.
Produk jamu tradisonal Kabupaten Tulungagung, selama dua tahun terakhir memenangkan lomba jamu tradisional se-Jawa Timur. Diharapkan dengan adanya lomba ini masyarakat akan semakin gemar minum jamu, dan tidak lagi menganggap jamu ketinggalan jaman.(*)
Reporter : Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here