Beranda Wisata Hiburan Meski Sudah Dibongkar, Situs Calon Arang Masih Banyak Dikunjungi

Meski Sudah Dibongkar, Situs Calon Arang Masih Banyak Dikunjungi

BERBAGI

AGTVnews.com – Situs Calon Arang yang terletak di area persawahan Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur masih banyak dikunjungi, meski sudah dibongkar. Pengunjung situs ini tidak hanya dari wilayah Kediri saja, namun juga dari Luar Jawa seperti Pulau Bali.

Konon katanya Calon arang ini memiliki hubungan dengan leak dan barong, tokoh mistis rakyat Bali. Oleh karena itu, banyak warga Bali yang datang ke situs Calon Arang ini. Pada situs ini terdapat beberapa batu umpak, lingga dan yoni (lumpang). Meski beberapa sudah dipindahkan ke museum Trowulan. Dengan adanya lingga yoni ini diduga situs ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

Batu dan umpak yang dipindahkan ini, masih menunggu petunjuk dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri serta dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, untuk peletakan yang benar.

Menurut salah satu pengunjung dari Bali, Oca Komang, mengetahui kondisi Situs Calon Arang yang sempat dipermasalahkan oleh warga tersebut dari Sosial Media. Banyaknya pemberintaan melalui medsos dengan berbagai sudut padang dan versi tersebut membuatnya tertarik untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Baca Juga:  Reruntuhan Benda Bersejarah Ditemukan Di Tengah Sawah

“Saya baca dari Sosmed bahwa Situs Calon Arang telah dibongkar bangunannya. Oleh sebab itu saya datang jauh-jauh dari Bali selain berkunjung ke rumah teman yang ada di Kediri juga sekaligus ingin tahu kondisi Situs Calon Arang yang sekarang,”ujar Oca Komang pada AGTVnews.com.

Sementara itu, menurut juru pelihara situs calon arang, Mbah Suyono dirinya tidak bisa berbuat banyak atas pembongkaran bangunan di area Situs Calon Arang. “Saya tetap akan merawat dan membersihkan area Situs sesuai dengan tugas yang diberikan pada saya. Untuk masalah nantinya akan dibenahi seperti apa, saya akan mengikuti saja,” ucap Mbah Suyono.(*)

Reporter : Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here