Beranda Pendidikan Murid SD Di Tulungagung Belajar Di Kelas Berdinding Bambu

Murid SD Di Tulungagung Belajar Di Kelas Berdinding Bambu

BERBAGI
AGTVnews.com – 13 siswa kelas 3 SD Negeri 3 Mulyosari di Dusun Bringin Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, terpaksa harus mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas yang berdinding bambu dan beratap asbes. Hal ini karena sekolah tersebut kekurangan ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar.
Ruangan kelas berdinding bambu dan atap asbes ini, didirikan tahun 2011 lalu, sampai saat ini belum pernah dilakukan perbaikan. Hal ini mengakibatkan dinding bambu banyak yang berlubang dan plafon rawan runtuh, karena kondisi kayu yang lapuk. Hal ini sangat  mengkhawatirkan karena bisa mengancam keselamatan siswa.
Menurut salah satu siswa kelas 3, Fanisa Citra Selviana, mengeluh  suara bising dari luar yang masuk hingga kedalam kelas. Selain itu banyak siswa lain yang mengintip dari luar kelas. Ungkapan senada juga disampaikan salah satu guru pengajar, Andita Agustina. Menurut Andita konsentrasi belajar siswa menurun karena banyak gangguan dari luar kelas.
“Karena kelasnya ini bolong-bolong seringkali diintip-intip dan diganggu siswa lain. Dengan kondisi ini sangat mengganggu konsentrasi belajar siswa,” ujar Andita.
Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SD Negeri 3 Mulyosari, Suyoto, pihak sekolah sudah mengajukan kepada Dinas Pendidikan untuk dilakukan perbaikan ruang kelas sejak tahun ajaran 2012/ 2013 namun belum terealisasi sampai sekarang.
“Pihak Dinas Pendidikan menjanjikan akan memberikan ruangan kelas baru, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diperkirakan akan terealisasi sekitar bulan Maret 2018 nanti.
Sebelum tahun 2011, SD Negeri 3 Mulyosari menjadi satu dengan SD Negeri 1 Mulyosari. Lokasi sekolah ini berjarak 4 kilometer dari Dusun Bringin. Karena kondisi jalan yang rusak dan jarak yang jauh, akhirnya warga sepakat mendirikan sekolah sendiri, yang terbuat dari anyaman bambu tersebut. Ruang kelas ini sekarang digunakan siswa kelas 3 tersebut. Kini SD Negeri 3 Mulyosari  memiliki 101 siswa, yang kebanyakan berasal dari warga dusun setempat.(*)
Reporter : Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here