Beranda Wisata Hiburan Pameran Keris Lestarikan Budaya Tradisional

Pameran Keris Lestarikan Budaya Tradisional

BERBAGI

AGTVnews.com – Ratusan jenis keris dari berbagai tangguh dipamerkan di area Kediri Town Square Kota Kediri, Jum’at (18/08/2017). Tangguh keris yang di pamerkan ini berasal dari tangguh Panjalu (Kadiri), Singosari, Majapahit, Tuban, Hamengkubuwono dan Pakubuwono. Dalam pameran keris ini terdapat keris tertua yang berasal dari abad k-8 Masehi.

Pameran ini dikuti 5 paguyuban Tosan Aji se-Karesidenan Kediri dan juga 72 trader keris dari seluruh nusantara. Menurut ketua Paguyuban Tosan Aji dan Keris Joyoboyo, Imam Mubarok, pameran ini berasal dari inisiatif para pecinta keris di Kota Kediri. Acara ini untuk menguri-uri kebudayaan lokal Indonesia.

“Bersama-sama menguri-uri Keris sebagai budaya asli Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia non benda pada 25 November 2005”, ujar Gus Barok, sapaan akrabnya.

Pameran Untuk Pelestarian

Gus Barok menambahkan, bahwa keris bukan lagi berhubungan hal mistis melainkan seni, “Ini bukan hal mistik, tapi keris adalah wujud dari kemajuan teknologi yang sudah di dalami oleh para empu pada jamannya dahulu,” tambah Gus Barok.

Pameran Keris dengan tema Gugat Keris Jenggala menjadi harapan agar kedepannya keris-keris dari Kediri bisa lestari. “Saya bersama kawan-kawan perkerisan ingin pameran ini bisa memperkuat ekonomi kerakyatan. Harapannya kedepan akan ada setidaknya 1 keris di setiap rumah. Ini bukan tentang syirik atau musrik, ini adalah warisan dunia non benda yang harus kita lestarikan,” pungkas Gus Barok.

Pameran keris ini akan berlangsung 3 hari, dari 18 hingga 20 Agustus 2017 dihalaman Kediri Town Square.(*)

Reporter : Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here