Beranda Wisata Hiburan Pelajar Kampung Inggris Turut Semarakkan Bersih Desa Tulungrejo

Pelajar Kampung Inggris Turut Semarakkan Bersih Desa Tulungrejo

BERBAGI

AGTVnews.com – Pemerintah Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, memperingati hari jadi yang ke-179 dengan menggelar pawai keliling desa, Rabu siang (9/8/2017). Pawai diikuti ratusan elemen masyarakat, termasuk pelajar Kampung Inggris dari seluruh pelosok nusantara.

Arak-arakan yang sebagian besar berpakaian adat Jawa ini, dimulai dari Balai Desa Tulungrejo Kecamatan Pare menuju Makam Mbah Kyai Nurwakhid dengan jarak sekitar 500 meter. Nampak antusias ribuan pengunjung di seputaran jalan yang dilintasi.

Menurut Kepala Desa Tulungrejo Ahmad Wahyudiono, kegiatan hari jadi ini merupakan kegiatan rutin bersih desa sekaligus kirim doa dan memperingati wafatnya Mbah Kyai Nurwakhid, cikal bakal Desa Tulungrejo.

“Even rutin yang kami gelar setahun sekali ini juga sebagai wujud rasa syukur sebagai masyarakat Desa Tulungrejo kepada Yang Maha Kuasa atas segala limpahan berkah, rejeki dan kesehatan,” ujar Ahmad Wahyudiono usai memimpin arak-arakan.

Acara yang dianggap sakral oleh masyarakat Tulungrejo karena menggunakan atribut serba kejawen dan dimeriahkan drum band tersebut juga dihadiri oleh beberapa ulama dari Kota Kediri dan Jombang.

Dalam tauziahnya di serambi Makam Mbah Kyai Nurwakhid, ulama asal Jombang Kyai Haji Nur Alim menyampaikan bahwa tidak ada larangan bagi umat muslim untuk mendoakan leluhurnya. Hal tersebut tidak boleh dianggap sebagai perbuatan musrik.

“Masalah berdoa minta sesuatu semua tetap kepada Alloh dan intinya mendoakan leluhurnya tidak ada larangan. Semua tergantung keyakinan masing-masing dan tidak perlu saling menyalahkan agar kita sebagai umat bisa hidup rukun dan saling menghormati serta menghargai,” tegas Kyai Al Amin.

Desa Tulungrejo Memiliki jumlah penduduk 16.734 jiwa yang tersebar di 5 dusun yaitu, Tulungrejo, Mulyosari, Mangunrejo, Tegalsari, dan Puhrejo. Desa Tulungrejo memiliki potensi wisata pendidikan yang sangat dikenal di seluruh pelosok Nusantara dan bahkan juga dikenal oleh beberapa negara karena mempunyai sebuah wilayah yang unik yang disebut sebagai Kampung Inggris.

Melihat potensi wisata pendidikan yang sangat terkenal tersebut, Pemerintah Desa Tulungrejo bertekat menjadi Ikon yang bisa mengangkat Kabupaten Kediri di kancah nasional. Harapannya sebagai Kota pencetak generasi muda yang siap menguasai berbagai bahasa di dunia demi memperkokoh NKRI.(*)

Reporter: Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here