Beranda Pemerintahan Pengrajin Ogoh-Ogoh Dapat Berkah HUT Kemerdekaan

Pengrajin Ogoh-Ogoh Dapat Berkah HUT Kemerdekaan

BERBAGI

AGTVnews.com – Pawai peringatan HUT RI menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin dan juga jasa persewaan ogoh-ogoh yang ada Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Banyak warga yang menggelar pawai, memilih untuk menyewa ogoh-ogoh para pengarajin ini.

Totok Haryanto, warga Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu pengrajin juga penyedia jasa sewa ogoh-ogoh. Pada bulan Agustus ini ogoh-ogoh kreasi Totok sudah dipesan dua desa untuk kegiatan pawai Agustusan.

Menurut Totok, dirinya menggeluti dunia ogoh-ogoh ini sudah sejak dua tahun yang lalu. Ogoh-ogoh buatannya ini dibuat dari kertas bekas dan juga dari daun kering. Karena unik, banyak warga yang tertarik menyewanya.

“Ogoh-ogoh ini saya buat dari kertas bekas dan daun kering, selain unik juga hemat. Banyak yang suka bentuk orang dan hewan. Kalau ini mengangkat kisah kolosal warga Tulungagung Baru Klinting, tentang raksasa dan naga,” Ujar Totok.

Pembuatan ogoh ogoh terbilang cukup sulit dan rumit. Pengrajin harus mampu membuat karya seni tiga dimensi berukuran raksasa. Karena biaya pembuatan ogoh ogoh cukup mahal, antara Rp 2-3 juta, sejumlah warga memilih untuk menyewa ogoh-ogoh ini. Totok mematok harga sewa Rp 2 juta perhari sudah lengkap penari serta pengusungnya.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here