Beranda Wisata Hiburan Sapu Jagad Tradisi Tolak Bala Masyarakat Purwosari Ponorogo

Sapu Jagad Tradisi Tolak Bala Masyarakat Purwosari Ponorogo

BERBAGI

AGTVnews.com – Tradisi bersih desa, di suatu daerah merupakan budaya yang terus dilestarikan warganya. Tradisi ini dipercaya bisa menjadi pembuang sial atau marabahaya di suatu daerah. Seperti warga Desa Purwosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, yang menggelar ritual sapu jagad sebagai bentuk penolak bala.

Ritual bersih desa sapu jagad ini, diadakan di balai desa setempat pada malam hari. Sebelumnya, masyarakat bersama tokoh desa melakukan upacara penyerahan sapu kepada kepala desa. Sapu ini nantinya akan dipergunakan untuk menyapu jalan disepanjang jalan desa.

Mengenakan pakaian adat khas Ponorogo, kepala desa bersama tokoh desa dan seluruh masyarakat Desa Purwosari mengarak sapu pusaka tersebut. Arak-arakan ini dikawal pasukan ala keraton Jawa, berjalan mengelilingi desa dengan berjalan kaki.

Saat berkeliling desa ini, suasana terasa sangat sakral. Para peserta ritual tidak diperkenankan berbicara satu sama lain. Mereka harus manjalankan tapa bisu. Para peserta juga tidak diperkenankan mengenakan alas kaki.

Baca Juga:  Harapkan Berkah, Warga Di Nganjuk Rebutan Tumpeng Gunungan

Menurut Kepala Desa Purwosari, Sukatman, ritual bersih desa ini bisa untuk mencapai apa yang diinginkan. Sapu sebagai perlambang untuk membersihkan segala kotoran, seperi halangan atau bala.

“Sapu ini menjadi perlambang untuk membersihkan segala halangan, seperti marabahaya dan bala. ┬áKita bisa nggayuh apa yang menjadi keinginan kita. ┬áDengan ritual bersih desa ini bisa terwujud,” jelas Sukatman.

Setelah sapu pusaka selesai diarak, dan digunakan untuk menyapu jalan desa. Sapu kemudian disucikan, dan nantinya akan digunakan kembali. Sementara air sisa siraman sapu, diperebutkan warga. Diharapkan dengan bersih desa sapu jagad ini, desa Purwosari akan terhindar dari marabahaya dan bala.(*)

Reporter : Dinar Putra Perdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here