Beranda Peristiwa Tarik Ban Pesawat Hercules, Agustusan Di Pangkalan Abdulrachman Saleh

Tarik Ban Pesawat Hercules, Agustusan Di Pangkalan Abdulrachman Saleh

BERBAGI

AGTVnews.com – Bulan Agustus masih berjalan, demikian juga kemeriahan perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72. Tidak ketinggalan para prajurit TNI AU di angkalan TNI AU Abdulrachman Saleh Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Jawa Timur. Para Prajurit ini ikut memeriahkan hari kemerdekaan dengan berbagai macam perlombaan unik,Jumat (18/08/2017).

Salah satu lomba yang digelar adalah menarik ban pesawat Hercules. Lomba ini diklaim prajurit TNI-AU Abdulrachman Saleh hanya ada di Abdulrachman Saleh. Lomba Agustusan ini digelar di stadion Dirgantara Komplek Pangkalan TNI Abdulrachman Saleh dan diikuti sekitar 1500an prajurit.

Terbagi dalam 5 kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari 4 peserta. Mereka diharuskan mampu menarik sebuah ban pesawat hercules yang beratnya mencapai 200kg. Para peserta harus berjuang keras menempuh jarak 200m, agar bisa menyelesaikan perlombaan ini. Salah satu peserta bahkan jatuh pingsan dan harus dievakuasi, saat mengikuti lomba tarik ban ini.

Menurut salah satu peserta lomba, Kopda Agus Andrianto, tidak ada persiapan khusus dalam mengikuti lomba ini. “Tidak ada persiapan apapun untuk mengikuti lomba tarik ban ini. Hanya rutin lari siang setiap hari,” ujar Kopda Agus. Ucapan senada juga disampaikan Prada Rizky Agus Hasibuan, yang mengaku perlombaan menarik ban ini sangat berat, “kami hanya rutin latihan lari siang saja untuk menjaga kondisi fisik,ungkap Prada Rizki.

Sementara itu menurut Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma Julexi Tambayong, diharapkan dengan lomba ini bisa meningkatkan kebersamaan da kekompakan anggota baik saat dinas maupun lepas dinas.

“Lomba-lomba yang digelar ini untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI. Salah satunya lomba tarik ban hercules, ini cuma ada di Abdulrachman Saleh lho. Bayangkan hercules adalah pesawat yang terbesar di pangkalan ini, jadi ban nya seberat apa?,” jelas Marsma Julexi Tambayong.

Selain menarik ban pesawat, terdapat beberapa perlombaan lain seperti balap karung, bangkiak, menangkap belut, dan kerupuk. Lomba ini diikuti seluruh kesatuan yang ada di Abdulrachman Saleh, mulai dari satuan operasional, satuan logistik, satuan personil, satuan staf khusus, dan depo pemeliharaan.

Reporter : Ilmi Zamzam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here