Beranda Peristiwa Waduk Kering di Madiun Jadi Lahan Persawahan Dadakan

Waduk Kering di Madiun Jadi Lahan Persawahan Dadakan

BERBAGI

AGTVnews.com – Musim kemarau mengakibatkan sejumlah waduk di Madiun Jawa Timur surut. Namun warga justru memanfaatkan dasar waduk ini menjadi media bercocok tanam. Salah satunya waduk Saradan di Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun Jawa Timur.

Menurut salah satu warga, Suyanto,musim kemarau sejak Mei lalu mengakibakan air waduk surut. Sehingga tanah di dasar waduk di kedalaman 3 hingga 10 meter terlihat, dan bisa diinjak. Kondisi ini akhirnya dimanfaatkan warga untuk bertani palawija maupun padi.

“Warga memanfaatkan waduk ini jadi sawah dadakan sejak bulan lima. Sawah-sawah ini ditanami padi, palawija, bahkan mentimun. Biasanya sawah ini dimanfaatkan selama 3 bulan sebelum musim penghujan. Kalo air waduknya banyak lagi, yang memanfaatkan petani ikan. Tanam di waduk ini bejo bejan mas (untung-untungan –red) kalau keduluan hujan, ya gagal panen,” ujar Suyanto.

Puluhan sawah saat ini  dipetak kan di dasar waduk, dari total 32 hektar 14 hektar diantaranya dipetakkan puluhan warga desa setempat. Meski setiap tahun warga memanfaatkan lahan tersebut, namun mereka tidak bisa memprediksi keuntungan yang diperoleh.

Keuntungan ini tergantung faktor cuaca jika hujan datang lebih cepat, bisa menjadikan air waduk kembali naik, dan mengakibatkan gagal panen.

Waduk Saradan ini dikelola Dinas Pengairan Kabupaten Madiun dan menjadi sumber pengairan sejumlah desa di sekitarnya.(*)

Reporter: Eko Prasetyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here