Beranda Hukum Kriminal Angkut Kayu Ilegal Logging, Seorang Sopir Diamankan Polisi

Angkut Kayu Ilegal Logging, Seorang Sopir Diamankan Polisi

BERBAGI

AGTVnews.com – Seorang Sopir, YY, warga Kare kabupaten Madiun diamankan petugas Satreskrim Polres Madiun, karena mengangkut kayu hutan, berupa kayu jati dan kayu sono, tanpa dilengkapi dokumen sah. Bahkan saat dimintai keterangan petugas, sopir tersebut mengaku tidak tahu diantar kemana kayu-kayu tersebut.

Saat diperiksa petugas, tersangka berdalih tidak mengetahui siapa pemilik kayu-kayu tersebut. Bahkan tersangka tidak mengetahui ke mana kayu tersebut dikirim.

“Saya gak tahu siapa yang punya, komunikasinya hanya lewat hp. Sebelum ketemu sudah tertangkap ini. Kayu-kayu tersebut saya ambil dari hutan Wonoasri mau dikirim ke Caruban,” ujar tersangka.

Sementara itu, KBO Reskrim Polres Madiun Iptu Agustinus, membenarkan penangkapan tersangka kasus ilegal loging tersebut.

“Benar, tersangka kami tangkap saat tengah mengangkut kayu hutan jenis kayu jati dan sono, tanpa adanya dokumen resmi. Namun tersangka mengaku tidak mengetahui ke mana kayu tersebut akan dikirim,” jelas Iptu Agustinus.

Dari apa yang dilakukan, tersangka dijerat pasal 12 UU RI no 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Ancaman hukuman bagi tersangka maksimal 5 tahun dan denda maksimal Rp 2,5 miliar.(*)

Reporter: Eko Prasetyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here