Beranda Peristiwa Berawal Dari Ekstrakulikuler Robotika, Siswa MTS Mambaus Sholihin 2 Sumberjo Berangkat ke...

Berawal Dari Ekstrakulikuler Robotika, Siswa MTS Mambaus Sholihin 2 Sumberjo Berangkat ke Tokyo Jepang

BERBAGI

AGTVnews.com – Empat siswa MTS Mambaus Sholihin 2 Sumberjo Kabupaten Blitar, melenggang ke Tokyo Jepang untuk mengikuti lomba robotik 8-9 November mendatang. Ke-4 siswa ini optimis bisa menjadi pemenang ajang robotik tingkat Asia tersebut. Sebelumnya siswa-siswa MTS Mambaus Sholihin 2 ini pernah menjadi juara dalam lomba robotika tingkat Asean di Singapura tahun 2016 kemarin.

Siswa-siswa tersebut tekun berlatih melalui ekstrakurikuler robotika di sekolah mereka. Kini Ekstrakulikuler yang awalnya hanya memiliki sedikit peminat, mulai mejadi ekstrakulikuler favorit di sekolah tersebut.

Menurut guru pembimbing ekstrakurikuler ini, Muhamad Khutamul Firdan, bahan yang digunakan untuk membuat robot tersebut dengan memanfaatkan berbagai bahan bekas, yang dirakit dan dihubungkan dengan kontroler dan di program untuk kebutuhan robotik.

“Kita memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Seperti barang-barang bekas, mainan, mobil-mobilan. Rangkaian mekanik yang ada kita ambil, seperti roda, ataupun motornya. Kemudian kita rakit dengan kontroler yang sudah diprogram,” jelas Muhamad Khutamul.

Sementara itu pembimbing yang lain, Haris Yuana, mengatakan murid-murid yang akan mengikuti International Student Robotic Olympiad (ISRO) sudah siap. Berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk dengan melakukan karantina.

“Karantina yang diberikan kepada siswa-siswa yang akan mengikuti ISRO ini sudah 12 kali. Nantinya mereka juga akan mendapatkan karantina di Jakarta pada 6-7 November, dan di Tokyo 8-9 November nanti,” ujar Haris.

Empat siswa yang akan berangkat ke Jepang ini masing-masing Muhamad Gymnastyar (kelas 9), Nauval Haniv (kelas 9), Bahrul Bahria (kelas 8), dan M. Farchan Habibi (kelas 8).

Salah satu siswa, Nauval Hanif, mengaku siap dan optimis bisa menjadi juara. “Kita sudah siap dan yakin nanti pasti menang,” ujar Nauval.

Ada beberapa kategori dalam ISRO yang akan diikuti para siswa MTS Mambaus Sholihin 2 ini, dan mereka yakin bisa menjadi juara.(*)

Reporter: Didik Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here