Beranda Pemerintahan Calon Bupati Independen di Nganjuk Wajib Kumpulkan 65.619 KTP

Calon Bupati Independen di Nganjuk Wajib Kumpulkan 65.619 KTP

BERBAGI

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk Jawa Timur merilis persyaratan dukungan bagi calon bupati dari jalur independen untuk pilkada serentak 2018 mendatang. Syarat paling penting adalah jumlah minimal dukungan berupa KTP berjumlah 65.619 lembar.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Agus Rahman Hakim menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 10, disebutkan syarat minimal dukungan sebesar 7,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu sebelumnya.

“Jumlah DPT Kabupaten Nganjuk pada Pilpres 2014 ada 874.919 pemilih. Jadi kita patok syarat minimal dukungan cabub independen di angka 65.619 KTP,” kata Agus di Kantor KPU Nganjuk, Senin sore (11/9/2017).

Dukungan 65 ribu lebih KTP tersebut harus tersebar di minimal 11 kecamatan atau 50 persen dari 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk. “Minimal di 11 kecamatan ada dukungan. Tidak harus merata seluruh kecamatan,” ujar Agus.

Bentuk dukungan diwujudkan dengan melampirkan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan telah merekam KTP elektronik. Selanjutnya ditambahkan surat keterangan dukungan kepada calon. “Untuk Surat Dukungan bentuknya bagaimana, semua sudah tersedia di kantor KPU Nganjuk. Calon tinggal memperbanyak sendiri,” tegas Agus.

Dari jumlah dukungan yang disetorkan oleh bakal calon bupati independen, selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual. Bila ditemukan ada dukungan ganda atau indikasi pemalsuan dukungan, maka dukungan tersebut tidak dihitung.

Bagi calon bupati independen, berkas dukungan pasangan calon harus disetorkan pada 25-29 November 2017. Setelah itu akan dilakukan verifikasi dukungan oleh petugas KPU pada 12-25 Desember 2017.

Pada Pemilihan Bupati Nganjuk periode sebelumnya, terdapat 2 pasangan dari jalur independen. Yakni pasangan Njono Djojo Astro dan KH A Syaiful Anam serta pasangan H Yusmanto dan Gatot Nursalim.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here