Beranda Peristiwa Dampak Musim Kemarau, Sejumlah Warga Nganjuk Kesulitan Air Bersih

Dampak Musim Kemarau, Sejumlah Warga Nganjuk Kesulitan Air Bersih

BERBAGI

AGTVnews.com – Dampak musim kemarau yang panjang, mulai dirasakan sejumlah warga Dusun Jatitunggal Desa Kepel Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Warga dusun ini mulai kekurangan air bersih dan terpaksa harus berjalan sekitar 1 km untuk mendapatkan air bagi kebutuhan sehari-hari.

Air bersih yang digunakan warga dusun tersebut diambil di bawah kaki gunung Wilis. Kebanyakan yang bertugas mengambil air ini adalah ibu-ibu desa. Dengan menjinjing jurigen maupun memanggul diatas kepala.

Menapaki jalan setapak naik turun, warga setempat tidak pantang menyerah. Aktifitas ini mereka lakoni setiap sore hari.

Menurut salah satu warga,Binti, sumber air yang ada di kaki gunung wilis tersebut airnya sudah mulai berkurang. Warga harus mengantri untuk mendapatkan air bersih ini.

“Musim kering seperti sekarang ini susah mas. Ngambil airnya harus naik turun. Ini airnya sudah mengecil. Dulu ada enam titik, sekarang sudah tinggal tiga saja yang airnya masih mengalir,” ujar Binti.

Sementara itu, menanggapi adanya warga Nganjuk yang mengalami krisis air bersih, Kepala BPBD Nganjuk, Soekonjono akan mengatasi krisis tersebut dengan dinas terkait.

“Pasca bencana tanah longsor kemarin banyak pipa pipa sumber air yang rusak. Untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang lama ,” jelas Kepla BPBD.

Warga hanya bisa berharap, pemerintah segera turun tangan membantu krisis air bersih tersebut. Diharapkan dengan adanya bantuan warga tidak perlu lagi harus naik turun gunung untuk mengambil air.(*)

Reporter : Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here