Beranda Peristiwa Kecam Kekerasan Terhadap Muslim Rohigya Myanmar, HMI Blitar Gelar Aksi Demo

Kecam Kekerasan Terhadap Muslim Rohigya Myanmar, HMI Blitar Gelar Aksi Demo

BERBAGI

AGTVnews.com – Belasan mahasiswa Blitar yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), menggelar aksi demo di depan gedung DPRD Kota Blitar, Selasa (5/9/2017).

Aksi ini sebagai bentuk solidaritas HMI Blitar terhadap umat muslim Rohigya Myanmar yang mengalami kekerasan. Aksi demonstarsi ini diawali dengan longmarch dari perempatan PGSD Kota Blitar menuju gedung DPRD Kota Blitar.

Selain melakukan orasi, sejumlah mahasiswa juga melakukan aksi teaterikal. Aksi teaterikal ini menggambarkan kekerasan yang dilakukan pemerintah Myanmar kepada kaum muslim Rohigya.

Menurut Korlap aksi, Nuris Eka, aksi demo tersebut digelar untuk menunjukkan rasa solidaritas mahasiswa terhadap kekerasan yang dialami oleh muslim Rohingya di Myanmar.

“Seperti amanat pada pembukaan undang undang dasar 1945, jadi kita merasa perlu menggelar aksi solidaritas dalam rangka memberikan desakan pada pemerintah Myanmar agar menghentikan segala bentuk penindasan dan kekerasan terhadap muslim Rohingya di Myanmar,” ujar Nuris Eka.

Dalam aksi ini, massa menuntut pemerintah Indonesia, mengusir dubes Myanmar dari Indonesia. “Aksi pembantaian dan tindak kekerasan yang dilakukan di Myanmar terhadap muslim Rohignya merupakan tindak kejahatan dunia yang memang harus dihentikan,” pungkas Nuris.

Aksi demonstrasi ini diakhiri dengan sholat ghoib dan pembakaran bendera Myanmar.(*)

Reporter : Didik Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here