Beranda Peristiwa Kekeringan Akibatkan Kebakaran Hutan di Nganjuk Semakin Meluas

Kekeringan Akibatkan Kebakaran Hutan di Nganjuk Semakin Meluas

BERBAGI

AGTVnews.com – Musim kemarau panjang di wilayah Kabupaten Nganjuk, mengakibatkan kebakaran hutan di sejumlah titik di kawasan KPH Nganjuk. Bahkan kebakaran ini bisa dengan cepat meluas, akibat kencangnya tiupan angin.

 

Hutan di wilayah Perhutani Nganjuk, di Desa Sudimoro harjo Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk Jawa Timur kembali terbakar. Sebelumnya hutan jati di petak 118 di RPH Balo BKPH Tamanan KPH Nganjuk, di Desa Sambikerep Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, beberapa waktu lalu yang terbakar.

Kebakaran ini diduga akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab, yang sengaja membakar hutan. Api dengan cepat menyebar karena kondisi hutan yang kering dan hembusan angin sangat kencang.

Menurut Kapolsek Wilangan, AKP Arlin, kebakaran hutan ini menyebar hingga luasan dua hektar, bahkan akibat kebakaran hutan kali ini pengendara yang melintas terganggu asap kebakaran.

Baca Juga:  Satu Hektar Hutan Jati di Nganjuk Terbakar Diduga Ulah Pemburu Liar

“Lahan hutan yang terbakar sekitar 2 hektar. Sempat untuk beberapa waktu pengendara yang melintas di jalan raya terganggu. Bukan karena apinya sampai ke pinggir jalan raya, namun asapnya mengganggu jarak pandang pengendara,” ujar kapolsek.

Sementara itu, Mantri perhutani mengatakan, kuatnya hembusan angin mengakibatkan petugas kesulitan memadamkan api. Petugas perhutani dibantu petugas polsek Wilangan secara manual memadamkan api yang membakar hutan.

“Seperti kebakaran sebelumnya, kebakaran ini juga akibat sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. kebakaran terjadi di petak 54E kelas KU-5 tahun penanaman 1992,” ujar Suwito.

Petugas akan terus melakukan patroli untuk mengantisipasi kebakaran hutan kembali terjadi.(*)

Reporter: Bagus Jati Kusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here