Beranda Ekonomi Bisnis Keren, Costplay Tulungagung Merambah Pasar Malaysia

Keren, Costplay Tulungagung Merambah Pasar Malaysia

BERBAGI

AGTVnews.com – Berawal dari iseng dan kegemaran terhadap tokoh-tokoh kartun super hero, Rudi Handoko, warga Desa Aryo Jeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung mampu meraup omset belasan juta setiap bulan dari costplay buatannya. Kini Costplay buatannya bahkan mulai merambah ke manca negara.

Sosok superhero, seperti iron man, optimus prime dan bumble bee kini bisa terwujud di dunia nyata dan bukan hanya sebagai animasi dalam film saja. Dari hasil otak-atik otodidaknya Rudi mampu mewujudkan keinginan pecinta tokoh super hero tersebut, bergaya layaknya idola mereka, meski tidak memiliki kekuatan super.

Usaha pembuatan kostum costplay, mulai ditekuni Rudi sejak tahun 2014 lalu. Berawal dari iseng, karena ingin memiliki kostum iron man. Akhirnya Rudi mencoba googling di internet, dan mulai bereksperimen membuat costplay iron man.

Tak disangka, setelah kostum buatannya jadi dan fotonya di unggah ke media sosial facebook ada yang tertarik untuk membelinya. Sejak saat itulah, Rudi beralih usaha, dari sablon dan fotografer pernikahan, ke usaha pembuatan costplay, khususnya armor costplay.

Menurut Rudi, dari awal coba-coba, dirinya menggunakan bahan resin, namun hasilnya kurang memuaskan bahkan modal yang digunakan juga besar. Setelah itu dirinya beralih menggunakan evafoam atau busa hati yang dirangkai menggunakan lem bakar.

Baca Juga:  Dinilai Menyalahi Aturan, Ratusan POM Mini Akan Ditutup

“Awalnya saya pakai resin, tapi udah habis banyak trus kostumnya juga gak jadi. Akhirnya googling lagi di internet, setelah cari-cari akhirnya ketemu bahan evafoam dan jadilah seperti yang sekarang ini,” ujar Rudi.

Proses pembuatan armor cost play, mulai dari pembuatan mal, perakitan hingga finishing menggunakan cat, dibutuhkan waktu hingga dua minggu. Selain memperhatikan detail bentuk, Rudi juga menambahkan perangkat elektronik, sehingga bagian kepala robot, bisa membuka dan menutup secara otomatis.

Rudi menambahkan, kostum costplay yang paling banyak diminati pelanggan adalah jenis armor costplay, seperti iron man dan tokoh-tokoh robot dalam film transformers. Dibantu dua orang rekannya, dalam satu bulan, laki-laki satu anak ini, mampu memproduksi 3 buah kostum costplay.

“Costplay yang paling banyak digemari adalah armor costplay seperti Iron man, tokoh transformer, ya tokoh-tokoh film itu,” imbuh Rudi.

Mematok harga dari Rp 4 juta – Rp 5 juta untuk kostum iron man, dan Rp 5 juta- Rp 6 juta untuk kostum transformer, costplay buatan Rudi sudah merambah hingga ke Malaysia.

Sementara untuk pemasaran di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Palembang hingga Makasar. Sebenarnya banyak juga perminta dari sejumlah negara Eropa, namun Rudi terkendala biaya ongkos kirim yang terlalu tinggi.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here