Beranda Peristiwa Lahan Tebu Dekat Pemukiman Terbakar, Warga Panik

Lahan Tebu Dekat Pemukiman Terbakar, Warga Panik

BERBAGI

AGTVnews.com – Lahan tebu seluas satu hektar, yang berada di Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu Tulungagung terbakar hebat, Sabtu malam (9/9/2017). Lokasi kebakaran yang berada dekat dengan pemukiman, sempat membuat warga yang tinggal di Kompleks Perumahan Sobontoro Permai panik.

Banyaknya daun tebu kering serta hembusan angin, membuat api cepat membesar dan merembet mengarah ke kompleks perumahan. Warga yang khawatir, mengantisipasi api merembet dengan menyemprotkan air dari mesin pompa air listrik ke tanaman tebu dekat rumah. Warga juga segera menghubungi petugas pemadam kebakaran karena api makin berkobar.

Api dapat segera dikendalikan setelah 2 unit kendaraan pemadam dari Kantor Satpol PP Tulungagung tiba dilokasi dan melokalisir titik api. Api berhasil dipadamkan sebelum sampai merembet rumah warga, yang berada tepat disamping lokasi lahan tebu yang terbakar.

Menurut keterangan salah seorang warga, Rubianto, api diketahui sekitar pukul 19.00 WIB. Dirinya yang saat itu kebetulan melintas, sebelumnya mengira yang terbakar adalah sampah tebu sisa panen, namun setelah didekati, ternyata adalah tanaman tebu siap panen.

Baca Juga:  Warung Makan di Kediri Ludes Terbakar

“Awalnya saya mengira hanya daun sisa tebangan tebu. Namun setelah saya dekati ternyata lahan tebu yang terbakar. Karena lokasi dekat perumahan, warga lalu gotong royong berusaha memadamkan api,” ujar Rubianto.

Kapolsek Kedungwaru AKP Purwanto di lokasi kejadian menghimbau pada masyarakat, agar lebih berhati-hati dalam membakar sampah atupun daun tebu sisa panen. Sebab saat ini puncak musim kering dan angin bertiup sangat kencang.

“Diusahakan tidak perlu membakar daun tebu sisa panen. Kalau pun membakar harus ditunggu dan dipastikan api dapat dikendalikan. Jangan sampai merembet ke lokasi lain karena sekarang ini musim kemarau,” jelas AKP Purwanto.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, kerugian yang diakibatkan juga belum dapat dipastikan karena pemilik lahan tidak ada di lokasi saat kejadian.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here