Beranda Hukum Kriminal Mengaku Keluarga Ponpes Lirboyo, Tipu Pengusaha Pare Puluhan Juta

Mengaku Keluarga Ponpes Lirboyo, Tipu Pengusaha Pare Puluhan Juta

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Yulianto alias Gus Aan (39 tahun) warga Dusun Ngebruk Desa Lorejo Bakung Kabupaten Blitar dan Moh. Darmanto (49 tahun) warga Jepara Jawa Tengah harus mendekam di tahanan Mapolsek Pare Kediri setelah dilaporkan melakukan penipuan dan penggelapan uang tunai puluhan juta rupiah.

Keduanya dilaporkan H.M Insaf Budi Wibowo alias Gaguk (49 tahun) seorang pengusaha asal Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dengan modus pengambilan uang leluhur.

Kasus penipuan ini terungkap dari laporan korban di Polsek Pare terkait kejadian tindak pidana penipuan atau penggelapan uang pada bulan Agustus 2017 di Hotel Surya Kediri Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Kapolres Kediri AKBP Sumaryono melalui Kasubbag Humas AKP Muklason membenarkan adanya pengungkapan kasus penipuan dan penggelapan yang mencatut nama keluarga Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri tersebut.

“Pelaku saat ini sedang menjalani pemeriksaan lanjutan di Polsek Pare. Dan yang jelas kasus tersebut akan dikembangkan untuk mengungkap adanya kemungkinan korban lain,” ungkap AKP Muklason.

Menurut AKP Muklason, awalnya korban dan pelaku kenal di sebuah acara di Jakarta. Kemudian pelaku menawari korban untuk pulang ke Kediri bersama satu pesawat. Dalam perjalanan pulang itulah, kemudian korban dirayu oleh pelaku yang mengaku keluarga Ponpes Lirboyo dan putra dari Gus Mad. Pelaku saat itu mengatakan kepada korban, bila rumah korban harus diberi tumbal dengan biaya Rp 27 juta.

“Karena yakin yang berbicara adalah seorang Gus, kemudian korban mengangguk dan mengambil uang tunai dari ATM. Uang tersebut langsung diserahkan pada pelaku. Selanjutnya komunikasi keduanya terus nyambung dan korban ditawari lagi dengan uang hibah Rp 50 miliar dari leluhur pelaku untuk jatah korban. Namun juga dengan harus memberikan mahar. Belum sempat menerima uang hibah sebesar 50 miliar, kemudian korban sudah sadar kalau ditipu sehingga langsung melaporkan kasus tersebut ke Polsek Pare dan pelaku kemudian diringkus,” papar AKP Muklason.

Selain meringkus pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa kotak kayu, selembar kain mori, sebuah cangkir berisi pasir untuk tempat membakar dupa, sebungkus dupa, 5 liter air laut dari pantai Selatan, 3 buah HP berbagai merek dan uang tunai sebesar Rp 10 juta lebih.(*)

Reporter : Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here