Beranda Pemerintahan Pemerintah Indonesia Ikut Aktif Berperan Atasi Krisis Kemanusiaan di Myanmar

Pemerintah Indonesia Ikut Aktif Berperan Atasi Krisis Kemanusiaan di Myanmar

BERBAGI

AGTVnews.com – Indonesia ikut berperan aktif dalam menengahi konflik berlatar belakang etnis di Myanmar. Pernyataan ini disampaikan duta besar Indonesia untuk Myanmar Ito Sumardi. Tidak hanya memberikan bantuan barang dan tenaga kemanusiaan, Pemerintah Republik Indonesia juga turut andil menggelar diplomasi langsung dengan pemerintah Myanmar dan Bangladesh.

Menurut Ito, Pemberian bantuan barang dan tenaga kemanusiaan ini, sudah dilakukan pemerintah sejak pertama kali terjadi konflik tahun 2015. Saat itu Pemerintahan Jokowi berhasil menjadi salah satu pihak yang membantu penyelesaian konflik tersebut.

“Pemerintahan Myamnar sudah membuka diri terhadap negara-negara lain, dan siap bekerja sama. Indonesia juga sudah menyampaikan, siap memberikan bantuan senilai US$ 2 juta, dalam bentuk bantuan obat-obatan dan pangan. Namun sayang sekali, adanya beberapa aksi simpatik untuk etnis Rohignya, sedikit menjadi kendala,” ujar Ito.

Ito menambahkan, adanya permintaan pemutusan hubungan diplomatik, justru semakin menyulitkan untuk pemebrian bantuan. ” Kita logika saja, kalo hubungan diplomasti putus, bagaimana kita akan memberikan bantuan,” tambah Ito.

Hingga kini, Pemerintah Indonesia masih terus melakukan pendekatan diplomatis dengan Pemerintah Myanmar dan negara Bangladesh, dibarengi pemberian bantuan langsung kepada pemerintah Myanmar, melalui organisasi kemanusiaan yang ditunjuk pemerintah setempat .

Reporter: Ilmi Zamzam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here