Beranda Peristiwa Penggilingan Tebu di Tulungagung Ludes Terbakar

Penggilingan Tebu di Tulungagung Ludes Terbakar

BERBAGI

AGTVnews.com – Tempat penggilingan tebu milik Eko Prayitno yang berada di Dusun Miridudo Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ludes terbakar, Senin malam (5/9/2017). Banyaknya material mudah terbakar berupa sepah tebu kering sisa penggilingan, membuat api cepat membesar dan meluluhlantakkan tempat produksi gula tebu tersebut.

Menurut Eko Prayitno, api diketahui pertama kali sekitar jam 11 malam. Saat itu dirinya tengah tidur dan dibangunkan tetangga yang memberitahu jika penggilingan tebu miliknya yang berada dibelakang rumah terbakar.

Dalam waktu dua jam, tempat penggilingan tebu yang rencananya akan kembali beroperasi pada hari Selasa ini, ludes dilalap api. Seluruh bangunan, peralatan produksi, dan gula tebu siap jual sebanyak 2 ton, tidak dapat diselamatkan.

“Bersama warga, saya sudah berusaha melokalisir api dengan menyemprotkan air menggunakan mesin pompa air. Namun tidak bisa menjangkau besarnya api di limbah tebu kering. Akhirnya kita panggil pemadam kebakaran,” terang Eko Prayitno.

Baca Juga:  Detik-Detik Api Ludeskan Rumah Warga

Pemadam kebakaran dari Satpol PP Tulungagung, mengerahkan dua unit kendaraan pemadam dan 2 unit suplai air serta 12 personel dalam peristiwa kebakaran ini. Banyaknya tumpukan sepah tebu kering yang terbakar, membuat api sulit dipadamkan.

Menurut Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, Rakidi, diperkirakan proses pemadaman akan membutuhkan waktu lama dan sebab sampah tebu kering masih terus menyala sehingga butuh pembasahan. “Harus kita basahi terus menerus agar titik api benar-benar padam,” ujar Rakidi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi yang ditimbulkan ditaksir mencapai Rp 50 juta. Belum diketahui penyebab kebakaran ini, namun diperkirakan karena hubungan pendek arus listrik. Kasus kebakaran ini, tengah dalam penyelidikan Satreskrim Polres Tulungagung.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here