Beranda Hukum Kriminal Pesilat Dilarang Gunakan Motor Saat Perayaan Bulan Suro

Pesilat Dilarang Gunakan Motor Saat Perayaan Bulan Suro

BERBAGI

AGTVnews.com – Seluruh pesilat di Madiun tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan roda dua, saat mengikuti tradisi peringatan 1 Suro dan Suran Agung di Madiun Jawa Timur. Hal ini berbeda pada peringatan Suran Agung tahun sebelumnya.

Larangan ini disampaikan Kapolres Madiun saat rapat jajaran Muspika dan Kepala Desa se-Kabupaten Madiun, dalam rangka jelang Operasi Aman Suro Tahun 2017.

Menurut Kapolres Madiun, AKBP I Made Agus Prasetya, dalam operasi Aman Suro nanti, tidak hanya melibatkan aparat keamanan dari TNI maupun Polri, namun juga melibatkan pihak desa dan muspika kecamatan.

Para pesilat diminta tidak menggunakan roda dua, dan beralih menggunakan roda empat. Hal ini untuk mengantisipasi adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Terutama untuk meminimalisir adanya hal-hal yang bisa memicu konflik di jalur basis setiap perguruan.

“Pengamanan ini tidak hanya dilakukan TNI dan Polri saja, namun juga perlu peran serta pemerintah daerah terutama tingkat bawah seperti desa, kelurahan maupun kecamatan. Semuanya ikut andil dalam mengkondisikan tradisi Suran Agung yang sudah berjalan sejak dulu. Hal ini agar tradisi tersebut berjalan aman dan kondusif,” jelas Kapolres.

Baca Juga:  Yayasan Sekolah Terlibat Konflik, Ratusan Siswa Terlantar

Penggunaan roda dua, dinilai meresahkan selain seringkali terjadi pelanggaran lalulintas, juga menimbulkan kekhawatirkan warga bila terjadi konvoi dan memicu munculnya konflik. Bahkan tidak jarang para pengendara menggunakan knalpot yang tidak standart, sehingga menimbulkan kebisingan.

Tradisi ziarah sura akan dilaksanakan Persaudaraan Setia Hati Terate pada 20-21 September nanti. Sementara Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo akan menggelar Suran Agung pada 8 Oktober. Dua agenda inilah yang menjadi perhatian dari Kepolisian, TNI dan pemerintah daerah.(*)

Reporter: Eko Prasetyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here