Beranda Pemerintahan Petugas Temukan Cacing Hati Dan Infeksi Paru Pada Hewan Kurban

Petugas Temukan Cacing Hati Dan Infeksi Paru Pada Hewan Kurban

BERBAGI

AGTVnews.com – Petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Jawa Timur menemukan cacing hati dan infeksi paru paru pada hewan qurban, dalam pemeriksaan di sejumlah tempat pemotongan hewan, Jumat siang (01/09/2017). Hati dan paru yang terinfeksi ini selanjutnya akan dimusnahkan karena berbahaya bila dikonsumsi.

Tiga puluh sembilan petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan KOta Malang ini menyebar ke sejumah lokasi pemotongan hewan yang ada di 5 kecamatan. Petugas melakukan pemeriksaan di sejumlah lokasi mulai perkampungan hingga instansi pemerintah.

Salah satunya pemeriksaan di masjid Darussalam Jalan Pulosari Kecamatan Blimbing Kota Malang. Petugas menemukan cacing hati pada kambing dan sapi. Cacing ini kemudian diambil sampling dan hati bercacing dipisahkan.

Anton Pramujiono, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang mengatakan, selain hati bercacing, petugas juga menemukan paru-paru terinfeksi. Cacing dan paru nantinya dimusnahkan, karena dikhawatirkan menular pada manusia.

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Idul Adha Harga Sapi Merangkak Naik

“Sejumlah petugas yang melakukan pemeriksaan di tempat-tempat pemotongan hewan menemukan adanya pnemoni atau kelainan paru dan juga cacing hati. Paru dan hati yang terinfeksi ini harus diafkir karena dikhawatirkan kalau dikonsumsi manusia bisa menginfeksi,” ujar Anton.

Sementara panitia kurban masjid Darussalam, Muhammad Ali, mengaku lega dengan adanya pemeriksaan dari dinas terkait. Pasalnya panitia jadi mengetahui bahwa jeroan sapi, seperti jantung, hati, paru-paru, harus di cek dahulu sebelum dibagikan kepada penerima kurban.

“Senang sekali dengan adanya pemeriksaan ini. Jadi panitia tidak sendirian, dan jadi tahu, hewan yang berpenyakit dan yang tidak. Sebelum dibagikan jerohan hewan kurban ini ternyata harus diperiksa terlebih dahulu,” ujar Muhammad Ali.

Saat Idul Adha ini, Kota Malang diperkirakan menyembelih sekitar 1.200 ekor kambing dan 800 ekor sapi.(*)

Reporter: Ilmi Zamzam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here