Beranda Hukum Kriminal Ratusan Polisi Jalani Tes Urin, Satu Terdeteksi Positif

Ratusan Polisi Jalani Tes Urin, Satu Terdeteksi Positif

BERBAGI

AGTVnews.com – Polres Tulungagung Jawa Timur, menggelar tes urin mendadak untuk ratusan anggotanya, Selasa pagi (12/9/2017). Hasilnya satu anggota polisi terindikasi mengkonsumsi obat-obatan. Meski menurut pengankuan obat yang dikonsumsi hanya obat flu, namun pihak provos masih akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tes urin mendadak ini diikuti ratusan anggota polisi dari berbagai kesatuan di jajaran Polres Tulungagung dan dilakukan tim dokter dari rumah sakit Bhayangkara Tulungagung. Pelaksanaan tes urin ini diawasi Provost Polres Setempat.

Satu persatu anggota polisi menyerahkan urin mereka untuk diperiksa dengan alat deteksi narkoba, multi screen narkoba yang sudah disiapkan tim dokter.

Menurut Kasie Provos Polres Tulungagung, Iptu Haryono, dari 112 anggota polisi yang menjalani tes urine, enam anggota tidak hadir dengan alasan sedang cuti dan lepas dinas. Tes urin yang dilakukan untuk mencegah adanya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan anggota Polres Tulungagung.

“Berdasarkan hasil uji tes, diketahui terdapat urin salah satu anggota polisi yang mengandung obat-obatan. Meski dalam pengakuannya, obat tersebut hanya obat flu, namun pihak provos akan melakukan pemeriksaan lanjutan,” ujar IPTU Haryono.

Baca Juga:  Janda Kurir 27 Gram Sabu Ditangkap Polisi

Sementara itu, menurut salah satu tim dokter, Yuyun Widyawati, alat tes urin multi screen yang digunakan bisa mendeteksi enam jenis narkoba yang terkadung dalam urin secara akurat. Enam jenis narkoba tersebut seperti kandungan amfetamin, med amfetamin, ganja, morfin, benzodiasepin dan kokain.

“Multi screen ini bisa mendeteksi enam jenis narkoba. Meskipun zat-zat tersebut dikonsumsi tiga hari sebelumnya, masih bisa terdeteksi secara akurat melalui urin,” jelas dokter tersebut.

Pemeriksaan ini akan rutin dilakukan, untuk mengantisipasi adanya anggota Polres Tulungagung, tanpa terkecuali yang mengkonsumsi narkoba. Bila dalam pemeriksaan tersebut ditemukan anggota polisi yang terbukti menjadi pengguna narkoba, maka akan mendapat sanksi yang cukup berat.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here