Beranda Pemerintahan Relokasi SMPN 3 Kota Blitar Ditolak Warga

Relokasi SMPN 3 Kota Blitar Ditolak Warga

BERBAGI

AGTVnews.com – Aksi penolakan warga Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar terhadap rencana relokasi gedung SMPN 3 Blitar, mencapai puncaknya. Warga yang kesal dengan petugas dari pemerintahan yang sedang melakukan pengukuran dan pematokan tanah melontarkan berbagai makian, Senin (5/9/2017).

Warga setempat yang memanfaatkan tanah tersebut untuk pertanian, menolak tindakan petugas yang melaksanakan pengukuran tanah dan pematokan bersama pihak developer.

Panca Wibawa Aji, salah satu petani mengaku, tidak menghalangi proses relokasi pembangunan gedung SMPN 3 Blitar namun jangan mengambil lokasi tersebut. Pasalnya, menurut Panca, lahan tersebut adalah lahan produktif yang difungsikan sebagai lahan mata pencaharian mereka.

“Ini lahan produktif yang menjadi penghidupan kami. Mengapa kami wong cilik terus diusik,” ungkap Panca, diamini belasan warga yang ikut menghadang proses pematokan.

Baca Juga:  Guru Honorer K1 Nganjuk Kembali Gelar Unjuk Rasa

Meskipun mendapatkan penolakan, petugas dari Pemkot Blitar dan pengembang tetap melanjutkan pengukuran dan pematokan tanah. Selama proses pematokan, terlihat puluhan aparat kepolisian dari Sektor Kepanjen Kidul.

Asisten Pemerintahan Kota Blitar, Didik Hariadi mengungkapkan, relokasi gedung SMPN 3 Blitar akan terus dilakukan karena sifatnya sudah mendesak. Bangunan SMPN 3 Blitar tersebut masuk dalam kawasan cagar budaya dan akan dialihfungsikan.

“Kita akan jalan terus. Karena ini tanah milik Pemkot Blitar yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih besar,” ujar Didik Hariadi.

Peihak Pemkot menyampaikan akan terus menjalankan program pembangunan tersebut sembari melakukan berbagai upaya persuasif pada warga sekitar yang saat ini memanfaatkan tanah untuk pertanian.(*)

Reporter: Didik Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here