Beranda Wisata Hiburan Reog Lar Pitik, Kesenian Khas Ponorogo Penolak Bencana

Reog Lar Pitik, Kesenian Khas Ponorogo Penolak Bencana

BERBAGI

AGTVnews.com – Kesenian tradisional reog Ponorogo sudah sangat terkenal, tidak hanya nasional bahkan internasional. Menggunakan dadak dari bulu merak, menambah kemegahan dari kesenian reog ini.

Namun ternyata, salah satu dusun di Ponorogo, Dusun Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Ponorogo Jawa Timur, menggunakan reog dadak dari bulu ayam (lar pitik). Dadak bulu ayam ini dipercaya masyarakat desa setempat sebagai penolak bencana.

Kesenian reog bulu ayam ini memang hanya ada di Desa Sidoharjo, dadak untuk reog tidak menggunakan bulu merak seperti umumnya namun justru menggunakan bulu ayam. Meski berbeda bentuk reog, namun reog bulu ayam ini dalam penampilan sama persis dengan reog dadak merak. Selain di iringi gamelan khas reog juga terdapat penari bujang ganong, serta penari pasukan berkuda atau yang lebih dikenal dengan jathilan.

Reog Lar Pitik Sebagai Penolak Bala

Menurut kepala dusun setempat yang juga pelestari kesenian reog bulu ayam, Indadi, pada zaman dahulu , ketika Desa Sidoharjo mengalami kekeringan yang cukup berkepanjangan. Namun setelah digelar kesenian reog bulu ayam ini, akhirnya munculah sumber mata air. Sejak itulah kesenian reog bulu merak dipercaya masyarakat sebagai salah satu cara agar terhindar dari bencana .

“Reog Lar Pitik, atau bulu ayam ini dipercaya masyarakat desa sebagai penolak bencana. Bila musim kemarau, digelar reog Lar Pitik pasti akan muncul mata air, atau kemaraunya segera berhenti,” ujar Indandi.

Dengan sering ditampilkan nya kesenian reyog bulu ayam tersebut , diharapkan nantinya mampu menambah khasanah budaya serta pariwisata dikabupaten Ponorogo, yang sudah dikenal sebagai kota reog.(*)

Reporter: Dinar Putra Perdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here