Beranda Peristiwa Satu Hektar Hutan Jati di Nganjuk Terbakar Diduga Ulah Pemburu Liar

Satu Hektar Hutan Jati di Nganjuk Terbakar Diduga Ulah Pemburu Liar

BERBAGI

AGTVnews.com – Hutan jati petak 118 di RPH Balo BKPH Tamanan KPH Nganjuk, di Desa Sambikerep Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, terbakar. Diduga kebakaran ini sengaja dilakukan oleh pemburu liar. Dalam waktu satu minggu, telah terjadi dua kali kebakaran di lokasi yang berdekatan.

Kebakaran ini diketahui petugas perhutani yang tengah melakukan patroli. Dibantu warga sekitar, petugas melakukan pemadaman agar kebakaran tidak meluas. Sedikitnya hutan jati seluas 1 hektar terbakar.

Kebakaran ini tidak hanya menghanguskan semak belukar dan beberapa tanaman mati, sejumlah pohon jati berusia rata-rata 7- 10 tahun gosong pada bagian bawahnya.

Menurut petugas perhutani, Suwito Purnomo, kebakaran ini sudah terjadi dua kali dalam seminggu ini. Diduga kebakaran ini akibat ulah pemburu liar, karena ada bekas pembakaran, dan lokasinya terpencar-pencar.

Baca Juga:  Waduk Kering, Petani Nganjuk Terancam Gagal Panen

” Kebakaran ini diduga sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Luas hutan yang terbakar sekitar satu seperempat hektar. Kebakaran seperti ini seringkali terjadi, dan petugas perhutani dibantu pemadam kebakaran serta masyarakat melakukan pemadaman,” ujar Suwito.

Untuk mengantisipasi agar kebakaran ini tidak kembali terjadi, petugas perhutani akan sering melakukan kegiatan patroli rutin. Selain itu perlu adanya kerjasama yang baik dengan masyarakat di sekitar hutan, agar ikut menjaga hutan.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here