Beranda Ekonomi Bisnis Stasiun Blitar : Tempat Wisata, Kuliner dan Hotel Terdekat

Stasiun Blitar : Tempat Wisata, Kuliner dan Hotel Terdekat

BERBAGI
Stasiun Blitar
Stasiun Blitar (sumber foto Pemkot Blitar)

Blitar, AGTVnews.com – Stasiun Blitar, terletak di wilayah Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar dengan ketinggian +167 meter. Awalnya Stasiun Blitar (BL) masuk dalam jajaran operasional daerah VIII Surabaya, namun sejak tahun 2016, daerah operasional Stasiun Kota Blitar beralih ke Wilayah Daerah Operasional VII Madiun.

Stasiun Kota Blitar termasuk dalam stasiun kelas besar. Memiliki enam jalur sepur, yakni 2 jalur sebagai sepur lurus ditambah satu jalur menuju dipo. Dipo dan jembatan putar stasiun terdapat di sebelah selatan bangunan stasiun Blitar.

Pada tahun 2013-2014, stasiun Kota Blitar direnovasi. Pada bagian ruang tunggu terdapat beberapa foto Presiden Pertama RI Ir Soekarno. Foto-foto ini semakin menguatkan bahwa Blitar merupakan Bumi Bung Karno. Foto-foto tersebut juga berisi sekelumit kisah perjuangan Bung Karno.

Foto yang terpampang di ruang tunggu ini, bertujuan untuk mengajak masyarakat mengenang jasa kepahlawan serta meneladani perjuangan Bung Karno. Tidak hanya itu, foto ini juga untuk mengingatkan makam Presiden Soekarno ada di Kota Blitar.

Peta wisata Kota Blitar (Sumber foto Pemkot Blitar)

Tempat kuliner Terdekat

Bagi pengunjung yang datang ke Kota Blitar menggunakan sarana moda transportasi kereta api, tidak perlu bingung bila ingin menimati kuliner khas Blitar. Karena berada di pusat kota, banyak tempat kuliner yang bisa dituju. Berikut adalah daftarnya:

1. Es Pleret

Blitar terkenal dengan es pleret. Sebuah minuman yang berisi dawet dan juga pleret bercampur manis sirup gula jawa. Es pleret ini bisa kita temui di alon-alon Kota Blitar yang berjarak hanya 200 meter utara Stasiun Kota Blitar. Kita hanya perlu berjalan kaki, dan satu gelas es pleret bisa kita nikmati.

2. Soto Daging Bok Ireng

Sebetulnya di daerah Alon-Alon Kota Blitar, banyak sekali makanan yang tersaji. Anda ingin merasakan soto daging yang terkenal di Kota Blitar dan melegenda, Soto Bok Ireng. Dari arah alon-alon Kota Blitar, hanya berjarak 200 meter. Dinamakan Bok Ireng, karena disebelah kedai warung soto ini terdapat sebuah Bok (jembatan tembok) yang berwarna hitam. Anda jangan heran, bila nanti yang anda temui bukalah sebuah depot atau warung makan yang besar, namun hanya sebuah warung kecil yang menempel di trotoar, tapi untuk rasa patut dicoba.

3. Soto Sor Seri

Soto yang satu ini juga cukup terkenal di Kota Blitar. Terletak di kampung Maduran, dan berada di seberang soto bok ireng. Kalau bok ireng menyajikan soto daging, lain hal dengan Soto SOr Seri, yang menyajikan soto ayam. Kenapa disebut soto sor seri, karena penjualnya berada tepat dibawah pohon seri atau Ceri atau juga disebut Kersen.

4. Pecel Mbok Bari

Pecel merupakan makanan khas dari wilayah Blitar. Ada beberapa cabang dari Pecel Mbok Bari, dan rata-rata semua bisa dibilang dekat dengan letak Stasiun Blitar.

Istana Gebang (sumber foto Pemkot Blitar)

Tempat Wisata Terdekat

Berkunjung ke Blitar, tidak hanya menikmati sajian Kuliner saja, namun juga ada beberapa tempat wisata yang bisa dengan mudah dijangkau dari Stasiun Kota Blitar.

1. Alon-Alon Kota

Alon-Alon Kota Blitar, bisa menjadi alternatif untuk jujugan tempat wisata. Alon-Alon kota Blitar termasuk Alon-Alon yang terbesar di wilayah karesidenan Kediri. Di Alon-Alon ini tidak hanya sekedar melepas penat, namun anda juga bisa menikmati beragam panganan khas kota Blitar yang ada di bagian utara Alon-Alon. Berbagai panganan khas yang bisa anda temuka yakni, Es Pleret, Dawet Srabi, Bakso, Rujak Buah dan beragam panganan lain.

2. Istana Gebang

Istana gebang ini merupakan wisata sejarah yang ada di Kota Blitar. Merupakan rumah orang tua Presiden Sukarno. Di istana Gebang terdapat beberapa peninggalan Bung Karno. Termasuk kamar tidur Soekarno saat mengunjungi Ibundanya di Blitar. Istana Gebang juga dikenal dengan nama Bu Wardoyo, yang merupakan kakak dari Sukarno. Bu Wardoyolah yang merawat Istana Gebang sepeninggal ibunda Soekarno.

Istana Gebang ini berjarak 1 km arah timur dari Stasiun Blitar. Tidak sulit menemukan Istana Gebang karena banyak penunjuk jalan yang terpasang di berbagai sudut Kota Blitar.

3. Hutan Kota Kebonrojo

Bergeser ke arah utara dari Istana Gebang, sekitar 300 meter, anda bisa menemukan sebuah tempat teduh dengan beragam tanaman besar. Warga kota Blitar menyebut tempat ini sebagai Kebonrojo, atau Hutan Kota Kebon Rakyat. Setiap hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari Kota Blitar maupun dari wilayah lainnya. Menawarkan kesejukan dan keteduhan, pengunjung bisa masuk secara gratis di hutan kota Kebonrojo ini. Dilengkapi beberapa wahana bermain bagi anak-anak, bisa jadi tempat ini pas bagi anda yang ingin sejenak melepas penat.

4. Makam Bung Karno dan Perpustakaan Nasional

Makam Bung Karno adalah tempat wisata yang paling terkenal di Kota Blitar. Belum datang ke Blitar kalau anda belum datang ke Makam Bung Karno. Makam Bung Karno terletak dalam satu areal dengan perpustakaan nasional dan Museum Bung Karno.

Mungkin ada baiknya, anda mengunjungi Museum Bung karno dan perpustakan terlebih dahulu, baru ke makam bung Karno, karena jalan yang dibuat merupakan satu jalur saja. Jadi dengan mengunjungi perpustakaan terlebih dahulu, anda nanti tidak perlu berputar dua kali.

5. Waterpark Sumber Udel

Layaknya kota lain, di Kota Blitar juga terdapat waterpark dengan beberapa wahana di dalamnya. Dengan jarak sekitar 1 km dari Stasiun Blitar, menjadikan waterpark ini lumayan dekat. HTM untuk hari biasa sebesar Rp 13 ribu dan pada hari Sabtu dan Minggu sebesar Rp 15 ribu.

Itu tadi beberapa tempat wisata dari Stasiun Kota Blitar yang gampang dijangkau. Anda bisa memakai becak, jalan kaki ataupun menyewa andong yang tersedia di Stasiun Kota Blitar.

Hotel dan Penginapan Terdekat

Hotel Puri Perdana (sumber foto istimewa)

Bagi anda yang ingin menikmati Kota Blitar sedikit lebih lama, ada beberapa hotel atau penginapan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Stasiun Kota Blitar.

Berikut 5 hotel di Kota Blitar yang bisa anda jadikan tempat singgah:

1. Patria Palace Hotel

Hanya berjarak sekitar 200 meter sebelah timur dari Stasiun Kota Blitar di jalan Mastrip Kota Blitar. Cukup dengan melangkahkan kaki, anda sudah sampai dan bisa menginap di Hotel ini.

2. Hotel Tugu

Hotel Tugu merupakan hotel dengan nuansa kuno nan klasik. Terletak tepat di tengah Kota Blitar di Jalan Merdeka Kota Blitar, dan hanya berjarak sekitar 500 meter arah dari Stasiun Kota Blitar. Terletak tepat di bagian barat dari Alon-Alon Kota Blitar.

3. Puri Perdana Hotel

Hotel Puri Perdana ini terletak sekitar 700 meter arah utara Stasiun Kota Blitar di jalan Anjasmara Kota Blitar. Berada tepat di utara Alon-Alon Kota Blitar, anda tidak perlu susah-susah untuk mencari penginapan

4. Patria Plaza

Hotel ini juga tidak begitu jauh dari arah Stasiun Kota Blitar. Masih berada dalam satu Jalur dengan hotel Puri Perdana di jalan RA Kartini Kota Blitar. Terletak di depan salah satu pasar yang ada di Kota Blitar.Meski terletak di depan pasar tradisional, anda tidak akan terganggu oleh hiruk pikuk pasar.

5. Patria Garden

Hotel ini terletak di kawasan Dimoro Kota Blitar, dan hanya berjarak 1 km dari Stasiun Kota Blitar. Patria banyak digunakan sebagai nama tempat ataupun Hotel di kawasan kota Blitar, karena Patria merupakan julukan bagi kota Blitar sebagai kota Patria, kota Peta yang Tertib Rapi Indah dan Aman.

Demikian tadi beberapa tempat wisata dan hotel yang letaknya dekat dengan Stasiun Kota Blitar, dan semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi anda.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here