Beranda Pemerintahan Warga Gangguan Jiwa, Ikuti Posyandu Kesehatan Jiwa

Warga Gangguan Jiwa, Ikuti Posyandu Kesehatan Jiwa

BERBAGI

AGTVnews.com – Sejumlah warga di wilayah lingkungan Desa jajar Kecamatan Talun Kabupaten Blitar Jawa Timur mengikuti kegiatan posyandu Kesehatan Jiwa. Posyandu ini diadakan oleh Pemerintah Desa Jajar bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Dari data yang tercatat di Posyandu Kesehatan Jiwa ini, terdapat 27 warga Kecamatan Talun yang hadir dan mengikuti kegiatan Posyandu tersebut. Tidak hanya mendapat pengobatan untuk gangguan jiwa, namun warga yang menggalami gangguan jiwa ini juga mendapatkan bekal ketrampilan.

Menurut Kepala Desa Jajar, Handoyo, Posyandu Kesehatan Jiwa ini sebagai upaya untuk kembali memulihkan jiwa warga yang terganggu dan juga sebagai bentuk kegiatan sosial dari desa.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang rutin kami lakukan. Posyandu ini untuk memberikan pembinaan kesehatan jiwa dan juga menjaga kesehatan jiwa. Tidak haya itu, kami juga memberikan pelajaran karakter bagi pasien, agar memiliki bekal ketrampilan seperti menjahit, membuat keset ataupun sapu,” jelas Handoyo.

Warga yang mengikuti kegiatan posyandu jiwa ini, tidak hanya menjalani pemeriksaan kesehatan, namun juga diajak untuk melakukan senam bersama. Sejumlah pasien terlihat senang dengan berbagai kegiatan yang diadakan di Posyandu Jiwa ini.

Menurut salah satu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Yuni Sri Wulandari, Kegiatan Posyandu di Desa Jajar ini sangat baik sekali. Pasien dengan gangguan jiwa, tidak hanya mendapatkan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan jiwa, namun juga mendapat bekal ketrampilan.

“Kegiatan posyandu jiwa ini sangat bagus sekali. Diadakan rutin setiap bulan. Jadi warga yang mengalami gangguan jiwa, tidak hanya diperiksa saja, namun juga bisa dikontrol agar kesehatan jiwanya bisa kembali pulih. Mereka dijaga kebersihannya, seperti potong kuku, potong rambut,” jelas Yuni.

Diharapkan dengan posyandu Jiwa ini bisa ikut membantu pemulihan kondisi kejiwaan peserta, dan mereka juga mendapat bekal untuk hidup berbaur di masyarakat.(*)

Reporter: Didik Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here