Beranda Pemerintahan Petani Rolak 70 Adukan Pengelola Tambang ke DPRD

Petani Rolak 70 Adukan Pengelola Tambang ke DPRD

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Petani yang terdampak galian C di kawasan Rolak 70 Desa Pare Lor dan Juwet Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Jawa Timur, mengadukan nasib mereka ke DPRD setempat, Kamis (12/10/2017).

Aduan melalui surat tersebut meminta DPRD Kabupaten Kediri agar segera turun tangan turut menyelesaikan konflik yang terjadi antara petani dan pengelola galian.

Dalam suratnya, petani menyebut tentang kerusakan lingkungan dan pengrusakan tanaman yang dilakukan oleh pengelola tambang CV Adhi Djoyo. Indikasi pelanggaran tersebut nampak pada kedalaman galian yang berdampak pada sistem pengairan lahan pertanian disekitarnya.

“Kami hanya ingin galian ditutup karena sudah merusak lingkungan dan sangat merugikan masyarakat petani yang mempunyai lahan di sekelilingnya. Semoga anggota DPRD segera menindaklanjuti dengan pengecekan ke lapangan agar tahu sendiri,” ucap Khoirul Anam, selaku perwakilan warga Petani Rolak 70 Kunjang.

Masih menurut Khoirul Anam, bila aduan tersebut tidak segera ditindak lanjuti dan pihak pengelola galian tetap melakukan aktifitasnya, maka masyarakat petani yang terdampak akan melakukan aksi demo besar-besaran.

Pengelola Abaikan Kesepakatan

Sebenarnya setelah aksi Demo pada Senin (09/10/2017) sudah ada kesepakatan bersama antara pengunjuk rasa dengan CV Adhi Djoyo dan CV Moestaman Group yang difasilitasi Kabag Ops dan Reskrim Polres Kediri.

Isi kesepakatan tersebut adalah bahwa CV Adhi Djoyo selaku penambang berijin, harus mereklamasi bekas galian tambang di sekitar lahan pertanian warga. Pengelola juga dilarang mengeluarkan tanah humus untuk tujuan apapun apalagi diperjualbelikan.

Selanjutnya, pihak pengelola tambang juga harus menyelesaikan semua kompensasi baik lahan maupun tanaman sampai tuntas agar tidak terjadi sengketa berkelanjutan.

Namun nampaknya kesepakatan itu jauh panggang dari api. Belum genap 24 jam pasca unjuk rasa ratusan petani tersebut, pihak pengelola tambang pasir di Rolak 70 sudah bekerja seperti biasa.(*)

Reporter: Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here