Beranda Politik Kantongi 64 Ribu Dukungan, Cabub Independen Tulungagung Melenggang

Kantongi 64 Ribu Dukungan, Cabub Independen Tulungagung Melenggang

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, memastikan berkas dukungan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati jalur independen, Suparlan dan Suprayitno, telah memenuhi jumlah yang dipersyaratkan.

Setelah dilakukan penghitungan yang memakan waktu hingga lebih dari 12 jam, KPU Kabupaten Tulungagung mencatat jumlah berkas dukungan yang diajukan pasangan ini tercatat sebanyak 64.356 buah.

“Jumlah tersebut telah melebihi syarat minimal yang ditetapkan, yakni sebanyak 63.752 dukungan. Sebaran di tingkat kecamatan juga memenuhi persyaratan,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Tulungagung, Suprihno, Kamis siang (30/11/2017).

Untuk tahapan selanjutnya, KPU Kabupaten Tulungagung akan segera melakukan verifikasi lanjutan. Yakni melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi para pendukung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati jalur perorangan ini, untuk memastikan tidak ada berkas dukungan fiktif ataupun ganda.

Verifikasi dilakukan hingga tanggal 25 Desember 2017. Bila setelah dilakukan verifikasi jumlah dukungan yang sah kurang dari syarat jumlah minimal, maka pasangan calon harus memperbaiki dengan menyerahkan kembali berkas dukungan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

“Bila setelah diverifikasi lagi jumlahnya terpenuhi dan dinyatakan lolos, maka pada tanggal 12 Februari 2018, pasangan ini akan disahkan sebagai calon bupati dan wakil bupati Tulungagung bersamaan dengan calon dari parpol,” beber Suprihno.

Berkas Kurang Rapi

Pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati Tulungagung, Suparlan dan suprayitno, resmi mendaftar ke KPU Kabupaten Tulungagung pada rabu malam (29/11/2017). Mereka menyerahkan dokumen bukti dukungan, sebagai salah satu persyaratan yang ditetapkan.

Namun karena kurang rapinya dokumen tersebut membuat proses verifikasi dan penghitungan bukti dukungan yang dilakukan oleh petugas KPU berjalan lama. Sampai dengan Kamis pagi, belasan petugas masih melakukan proses verifikasi, untuk menghitung jumlah dokumen tersebut, apakah sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Sejak mulai dibuka tanggal 25 November hingga hari terakhir tanggal 29 November 2017, hanya ada satu pasangan yang melakukan pendaftaran, untuk maju dalam pilkada Tulungagung melalui jalur perseorangan.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here